Review, Harga & Spesifikasi TREQ X1

by aries on August 24, 2014

Persaingan pasar smartphone kelas menengah semakin sengit. Banyak vendor yang berlomba-lomba menawarkan fitur-fitur kelas premium dengan harga terjangkau di kelas yang penuh sesak ini. Untuk bisa mencuri perhatian, diperlukan inovasi dan terobosan mutakhir.

Salah satu vendor yang mencoba mencari celah di segmen ini adalah TREQ. Treq X1 menawarkan fitur kamera dengan resolusi yang mengagumkan, 13 MP. Bukan hanya kamera utamanya saja yang jempolan, namun kamera depannya juga tak kalah hebatnya. Kamera depannya hadir dengan resolusi yang tak lazim, yakni 8MP. Sampai disitu sajakah gebrakan yang dilakukan Treq X1? Simak ulasan selengkapnya tentang spesifikasinya berikut ini:

TREQ X1

Desain & Layar

Treq X1 tampil menawan dengan balutan warna hitam di sekujur bodi bagian depan, dan balutan warna merah di bagian belakangnya. Smartphone ini juga tergolong ramping dengan tebal 8.9 mm. Meski tipis, namun Treq X1 tidak terlihat ringkih dan tampil kokoh. Mungkin hal ini disebabkan oleh bobotnya yang lumayan berat, 163 gram.

Layar berukuran 5 inchi dari Treq X1 sudah menggunakan teknologi IPS LCD High Resolution. Tampilan gambarnya terlihat tajam dan jelas berkat teknologi Dragotrail Glass. Meski sudah mendukung lima titik sentuh, namun respon dari layarnya tidak cukup gesit dan agak lambat.

Kinerja

Kinerja dari smartphone ini lumayan baik, berkat dibenamkannya prosesor MTK Quad Core MT6589 1.2 GHz. Didukung pula oleh1GB RAM serta GPU PowerVR SGX 544 MP.

Hasil uji kinerja menggunakan AnTuTu benchmark pun mendapatkan nilai yang tidak terlalu buruk, yakni 13.762. Memori internalnya pun juga sanagt lega, 16 GB. Kita juga bisa dengan nyaman dan leluasa menjalankan berbagai aplikasi dan game, berkat kekuatan baterai berkapasitas 2.000 mAh.

Kamera

Kamera merupakan salah satu fitur andalan dari Treq X1, dengan dilengkapi kamera utama 13 MP, dan kamera depan 8 MP. Selain itu, tersedia pula beragam pilihan mode yang bisa dipilih, mulai dari HDR, Face Beauty, hingga Panorama. Namun, setelah diuji coba, ternyata hasil jepretan kameranya tidak sebagus hasil jepretan menggunakan kamera smartphone merk lain yang memiliki resolusi yang sama. Untuk itu, cobalah mensiasatinya dengan memanfaatkan beberapa pengaturan yang terdapat pada fitur kamera.

Spesifikasi TREQ X1

Jaringan 3.75G H+, UMTS 900MHz/2100MHz
Dimensi Panjang: 141 mm | Lebar: 74 mm | Tebal: 8.9 mm
Berat 163 g
Baterai 2000 mAh
Display 5 Inch, 1280×720 High Resolution HD IPS
Sistem Operasi Android 4.2.2 Jelly Bean
Prosesor MT6589 Quadcore 1.2 GHz
RAM 1 GB
Multimedia Kamera 13 MP auto focus | 8 MP
Memori Internal: 16 GB

Kesimpulan

Meski Treq X1 dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp.2.650.000, dan sudah menggunakan layar IPS serta prosesor Quad Core, namun harga ini masih kurang kompetitif jika dibandingkan dengan harga smartphone lain yang menawarkan lebih banyak keunggulan, seperti Huawei Honor 3 dan IMO Miracle 2. Disamping itu, layarnya kurang responsive dan bobotnya lumayan berat.

Comments on this entry are closed.