Review, Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S4 Zoom

by aries on August 14, 2014

Sekarang ini, mobile photography semakin banyak diminati. Oleh karenanya, berbagai vendor baik global maupun lokal berlomba-lomba meluncurkan smartphone yang mengedepankan aspek kamera. Salah satunya adalah Samsung, yang khusus mendedikasikan Samsung Galaxy S4 Zoom bagi para pecinta fotografi. Membawa smartphone ini, bagaikan menenteng kamera digital yang bisa digunakan untuk menelepon dan multimedia. Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Simak ulasan berikut ini:

Desain & Layar

Penampilan Galaxy S4 Zoom bisa dibilang mirip kamera digital yang dilengkapi dengan SIM card. Bentuknya seperti kamera saku pada umumnya, dengan moncong lensa yang bisa dimaju mundurkan. Lengkap dengan lampu Flash yang diletakkan di bagian belakang yang berukuran lumayan besar. Ditambah lagi, tombol shutter kameranya berada di tepi, semakin membuatnya pantas dijuluki kamera saku smartphone. Saat digunakan untuk pemotretan objek pun, terasa sangat nyaman dipegang.

Review, Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S4 Zoom

Layar dari Galaxy S4 Zoom, sudah menggunakan teknologi super AMOLED yang mampu mengahadirkan tampilan gambar yang lebih tajam dan jernih dibandingkan layar LCD. Sudut pandang layarnya juga terasa lebar, sehingga kita bisa merasa nyaman melihatnya dari berbagai sisi. Sudah dilindungi pula oleh Corning Gorilla Glass 3. Hanya saja, materialnya yang terbuat dari plastik yang glossy menjadikannya terasa licin dan membuat tangan menjadi mudah berkeringat. Bobotnya pun tergolong berat untuk ukuran smartphone. Inilah yang menjadi letak kekurangannya.

Baca juga: Layar LCD VS Amoled

Kamera

Ini dia ‘roh’ yang menjadi andalan dari Galaxy S4 Zoom. Memiliki kemampuan optical zoom hingga 10x lipat, membuat kita bisa membidik objek dari kejauhan dengan hasil gambar yang tetap terlihat bagus dan tetap fokus. Saat dilakukan pembesaran zoom, foto yang dihasilkan tidak tampak pecah. Begitu pula untuk memotret makro (ukuran mini), objek terlihat detil dan ketajaman warnanya bisa tersaji dengan jelas. Nilai sempurna patut diberikan untuk keunggulan kameranya.

Multimedia

Meskipun kamera mendapat tempat tertinggi, bukan berarti untuk masalah hiburan dikesampingkan. Aspek musik pun tetap diperhatikan. Suara yang disemburkan dari speakernya tidak memalukan. Suara bass dan treblenya terdengar merdu, bahkan saat disetel pada volume tertinggi sekalipun. Akan lebih berdentum lagi jika menggunakan headset.

Kinerja

Predikatnya sebagai smartphone kamera, tentu membuat kita mempertanyakan tentang ketangguhan baterainya, karena akan sering digunakan sebagai alat potret. Sayangnya, dengan baterai berkapasitas 2330 mAh, kurang mampu mengakomodasi hal tersebut. Saat diuji untuk melakukan hunting foto, baterai tidak bisa bertahan lebih dari 6 jam. Namun secara kinerja software dan hardware, hasil yang diperoleh oleh Galaxy S4 Zoom menggunakan AnTuTu benchmark tidak terlalu buruk, yakni 15.167 poin. Ini berkat dukungan prosesor Dual Core 1.5 GHz Cortex-stabilization dan kapasitas RAM 1,5 GB serta GPU Mali 400.

Kesimpulan

Generasi kedua dari Samsung Galxy Camera ini, menawarkan fitur kamera yang jempolan, dengan kualitas musik yang ciamik. Bahkan keberadaannya bisa-bisa mampu menggeser posisi kamera saku digital. Kita tidak perlu lagi membawa kamera saku, plus mendapatkan bonus bisa melakukan calling, messaging, internet, dan multimedia sekaligus. Harganya juga cukup terjangkau, Rp. 4.800.000; hanya ada sedikit kekurangan pada bahan materialnya yang glossy, sehingga licin saat dipegang, bodinya juga tergolong ‘gendut’ dan berat untuk ukuran smartphone.

Untuk mengetahui harga terbaru yang selalu di update tiap awal bulan, silahkan baca pada artikel ‘Harga smartphone Samsung terbaru

Comments on this entry are closed.