Review & Spesifikasi Samsung Galaxy S6 & S6 Edge

by aries on March 13, 2015

Setelah lama dinanti-nanti dan banyak diantisipasi, akhirnya pada bulan April yang lalu di Mobile World Congress yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, Samsung secara resmi mengumumkan peluncuran Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge (yang merupakan smartphone pertama yang berdesain melengkung). Bahan material plastik yang sangat tidak disukai dari Galaxy S5, diganti dengan kombinasi dari bahan aluminium dan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4, sehingga membuat S6 tampil sangat elegan dan eksklusif.

Baik seri Galaxy S6 ataupun S6 Edge hadir dalam pilihan warna hitam, putih, dan emas. Untuk warna biru, hanya akan tersedia untuk S6, sedangkan warna hijau hanya tersedia untuk S6 Edge. Selama ini, Samsung telah banyak dikritik karena begitu lambat dan bertahap untuk update desainnya, mulai dari S3, S4, dan terakhir S5. namun melalui S6, Samsung mulai mengambil pelajaran dari pedoman Apple dan berusaha meninggalkan kompetisi jauh di belakang dengan melakukan sesuatu yang benar-benar berbeda.

spesifikasi Samsung Galaxy S6

Desain & Layar

Smartphone Galaxy S6 dan S6 Edge masing-masing memiliki ketebalan 6.8 mm (dimana ini lebih tipis dibandingkan dengan iPhone 6) dan 7mm,. Memiliki bentang layar Super AMOLED 5.1 inchi dengan resolusi Quad HD (1440×2560 piksel), serta kerapatan layar super tinggi, ~577 ppi, menjadikan S6 salah satu smartphone dengan layar paling cemerlang dan paling tajam saat ini.

Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan sertifikat tahan debu dan air seperti pada S5 yang telah mengantongi IP67. Berhubung materialnya berbahan kaca, dan bodinya super tipis, maka S6 mengusung konsep unibodi sehingga tidak tersedia slot micro SD dan baterainya tidak bisa dicopot. Sebagai pengganti, Samsung telah menyediakan memori internal yang ekstra besar, 32, 64, dan yang terbesar 128 GB.

Kinerja

Untuk kinerja, kali ini Samsung melakukan terobosan baru dengan menggunakan prosesor buatannya sendiri yakni Exynos 14nm 7420 berkecepatan (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57). Telah juga menggunakan arsitektur 64 bit, Exynos 7420 diklaim sebagai prosesor tercepat untuk saat ini, dibandingkan dengan Qualcomm 810 seperti yang digunakan oleh HTC One M9. Selain itu, dengan dukungan RAM 3 GB serta GPU Mali-T760, menjadikan kinerja dari S6 tidak ada duanya.  Untuk sistem operasinya, S6 menggunakan OS Android Lollipop 5.02 dengan sentuhan user interface TouchWiz UI. Sayangnya, tampilan menunya hampir sama dengan smartphone Samsung seri yang lain yang harganya lebih murah, sehingga tamapk membosankan dan tidak ada yang istimewa.

Kamera

Bukan hanya kinerja yang super gesit, kamera dari S6 adalah salah satu yang terbaik. Memiliki kamera utama 16 MP+LED Flash dan kamera depan 5 MPdengan lensa F/1.9 yang dilengkapi sensor beresolusi tinggi dan fitur kamera yang lengkap, membuat kita bisa mengabadikan semua momen dalam berbagai kondisi secara sempurna. Kameranya bahkan mampu merkam video dengan resolusi Ultra HD 4K.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.