Review WPS Office+PDF Untuk Android

by aries on March 29, 2015

Jika kamu masih memiliki tanggungan pekerjaan yang menumpuk dan harus segera diselesaikan, tentu kamu menginginkan suatau aplikasi yang bisa membantumu menyelesaikannya dengan cepat dan mudah. Padahal, kamu sudah tidak berada lagi di kantor dan memiliki jadwal yang padat. Maka, solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengerjakannya di jalan dengan memakai perangkat Android yang ditambah dengan aplikasi software office editor yang bisa diandalkan dan mumpuni, yakni dengan WPS Office + PDF. Office editor tentunya akan lebih berguna dan bermanfaat ketimbang hanya menggunakan office viewer. Kamu hanya bisa menampilkan file dalam format doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx di sebuah perangkat Android tanpa bisa mengedit, mengubah atau menambahkan sesuatu di sebuah viewer. Sementara editor, memiliki fungsi dan kegunaan yang jauh lebih banyak untuk menyelesaikan berbagai tugas kantor.

ulasan wps office android

User Interface

WPS yang merupakan singkatan dari Writer, Presentation, dan Spread-sheet ini adalah salah satu aplikasi yang terkenal sebagai pilihan alternative pengganti Microsoft Office pada desktop. Antarmuka dari WPS tampil sederhana dan minimalis,. Navigasi dan cara pengoperasiannya pun juga gampang, sehingga tidak membingungkan penggunannya. Dengan WPS, memungkinkanmu untuk membuka dan membuat file dalam tiga jenis, yakni dokumen, presentasi, dan spreadsheet, serta PDF. Desain dari aplikasi ini hamper mirip dengan Microsoft Office 2007 atau 2010, hanya saja deretan toolbarnya berada di bagian bawah.

Fitur

Fitur yang disediakan oleh WPS cukup lengkap. Kita bisa mengatur jenis huruf, paragraph, dan menambah gambar pada file jenis dokumen. Dalam fitur Akses Dokumen, kita bisa mengakses dokumen dari Google Drive, Dropbox, Box, One Drive, dan WebDAV sehingga memudahkanmu dalam mengakses file dalam cloud. Dengan aplikasi ini, kita juga bisa berbagi file lewat email, Evernote dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa berbagai presentasi dengan orang lain melalui Wi-Fi atau perangkat lain yang kompatibel dengan DLNA.

Kinerja

Saat dicoba langsung, rasanya sangatlah mudah dan nyaman menggunakan aplikasi ini untuk meninjau sebuah dokumen dan atau mengeditnya. Namun kendala muncul saat kita hendak menulis, karena sudah terlanjur terbiasa menggunakan keyboard dan layar yang berukuran besar. Hal ini mungkin bisa diatasi jika kamu menggunakan tablet yang layarnya lebih luas. Saat berada dalam sebuah dokumen, kamu bisa dengan mudah berpindah ke mode View atau Edit. Dalam mode Edit, kamu bisa dengan mudah mengubah isi dari dokumen, sedangkan pada mode View bisa kamu gunakan jika hanya ingin mengecek  dan melihat dokumen tanpa melakukan perubahan.

Inovasi

Yang membuat aplikasi ini tampil beda dari yang lain, kita bisa membuka berbagai jenis file dan dokumen dalam aplikasi ini. Tidak hanya melihat saja, tapi kita juga bisa melakukan pengeditan dalam sebuah dokumen. Yang menarik, WPS telah menggratiskan aplikasi ini untuk pengguna rumahan. Namun kita tidak bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat dokumen yang cukup rumit, seperti menyertakan table atau grafik, karena tidak dilengkapi Tools yang lebih Advance.

Kesimpulan

Meski bisa didapatkan dengan gratis, namun fitur yang ditawarkan editor office ini cukup lengkap. Pengoperasiannya juga mudah dan praktis. Banyak jenis file dan dokumen yang bisa kita buka. Secara umum, WPS Office + PDF ini berkualitas cukup bagus dan lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang ada di Play Store. Kekurangannya, kita memiliki keterbatasan dalam membuat dokumen yang cukup rumit seperti membuat tabel atau grafik.

Comments on this entry are closed.