Sejarah selfie serta efek positif dan negatifnya

by aries on September 13, 2014

‘Selfie’, kata tersebut kini sudah sangat familiar di dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, ajakan “Hei, ayo Selfie yuk,” sudah sering kali dilontarkan orang. Sebenarnya, bagaimana sejarah dari selfie itu sendiri? dan apa plus minusnya? Berikut ulasan lengkapnya:

Sejarah selfie serta efek positif dan negatifnya

Sejarah selfie

Selfie merupakan istilah untuk memotret diri sendiri.  Menurut info yang diperoleh dari BBC, selfie kemungkinan pertama kali dilakukan pada awal tahun 1800-an dengan menggunakan cermin atau self-timer. Namun, kala itu selfie tidak melibatkan objek tunggal seperti sekarang ini, namun dalam kelompok besar seperti berfoto dengan teman atau keluarga. Dalam dunia modern, istilah selfie diperkenalkan pertama kali oleh seorang fotografer bernama Jim Krause pada tahun 2005, sehingga kemudian menjadi genre baru dalam dunia fotografi. Kini, istilah tersebut makin popular, karena bukan hanya dilakukan oleh masyarakat biasa saja, namun kalangan elite pun seperti selebritis, pejabat, tokoh panutan publik, bahkan presiden juga gemar melakukan selfie.

Peristiwa yang paling heboh adalah selfie yang dilakukan oleh presiden Amerika Serikat Barrack Obama, bersama PM Denmark Helle Thorning-Schmidt, dan PM Inggris, David Cameron pada saat pemakaman Nelson Mandela. Foto selfie yang mereka lakukan bahkan menjadi head-line di salah satu koran ternama Inggris.

Semakin berkembangnya teknologi, juga semakin memudahkan kita dalam melakukan selfie. Kini, semakin banyak produk smartphone yang menawarkan kamera depan dengan resolusi tinggi dan beragam fitur kamera yang digunakan, seperti teknologi kamera Samsung NX3000 yang cukup kedipkan mata untuk foto selfie.

Bertambah maraknya social media, juga membuat masyarakat semakin gemar memotret diri, dan mengunggahnya ke jejaring social. Mau tak mau, selfie dalam berbagai telaah dan perspektif kemudian mengandung hal yang positif maupun negatif. Lalu, plus minus apa sajakah yang bisa ditimbulkan dari selfie? Berikut penjelasannya:

Baca juga; Smartphone yang bagus buat selfie

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.