Simpan Foto Sepuasnya Dengan Google Photos

by Ummy Tsabit on September 11, 2015

Google baru saja meluncurkan layanan penyimpanan media terbarunya, yakni Google Photos pada bulan Mei 215. Google Photos menawarkan penyimpanan tak terbatas untuk media file berupa foto dan video, dalam bentuk berupa situs yang apik dan aplikasi upload otomatis untuk OS Android, iPhone, Windows dan Mac. Jadi, layanan baru dari Google ini merupakan pilihan bagus untuk menyimpan foto sesuka hatimu. Karena, kamu bisa menyimpan foto-foto penuh kenangan dengan kapasitas sebesar apapun hingga mencapai Giga bytes, bahkan Tera bytes sekalipun secara gratis.

aplikasi google photos

Sebelumnya, layanan penyimpanan foto ini telah terperangkap didalam Google +, sehingga jarang dilirik orang. Namun kini, Google Photos bukanlah bagian dari Google + lagi dan memiliki tampilan antarmuka yang baru. Dan yang paling menarik adalah, kamu hanya memerlukan akun Google untuk bisa menikmati layanan ini.

Rencanakan penyimpanan fotomu

Diantara pesaing Google Photos, ada Apple’s iCloud Photo Library, yang hanya menawarkan 5 GB penyimpanan gratis dan sangat tidak nyaman untuk digunakan pada website atau di Android. Selain itu, ada Flickr milik Yahoo, Dropbox, dan One Drive milik Microsoft yang juga menawarkan fitur penyimpanan foto yang sama, meski mereka lebih fokus pada penyimpanan file secara umum. Apapun layanan yang kamu gunakan, kamu sebaiknya menyimpan fotomu ditempat yang aman dan terlindungi. Jangan hanya menyalin semua fotomu ke eksternal drive atau menyimpannya ke komputermu saja. Kamu juga perlu membackup mereka karena tidak mungkin memindahkannya jika hardware yang kamu miliki ternyata rusak.

Simpan fotomu ke Google Photos

Untuk menyimpan foto di Google Photos, kamu bisa dengan hanya mengunjungi situs Google Photos di komputernu, sign in dengan menggunakan akun Googlemu, dan kemudian tinggal men-drag and drop foto-foto yang ingin kamu simpan ke jendela browsermu.

Jika ingin mengatur settingannya, kamu bisa memilih ‘High Quality’ untuk kualitas foto terbaik, dan kamu akan mampu mengupload jumlah foto yang tak terbatas. Jika memilih ‘Original Size’ maka kamu bisa mengupload foto yang lebih besar filenya tanpa harus menciutkan kapasitasnya, namun hal ini akan mengambil beberapa kuota penyimpanan akun Googlemu. Foto kualitas bagus bisa mencapai ukuran 16 MP, dan Google benar-benar hanya akan merekomendasikanmu untuk menggunakan ‘original size’ setting jika kamu memiliki foto dengan detil yang lebih tinggi yang diambil dari kamera DSLR. Foto yang kamu taruh di penyimpanan Google Drive juga akan muncul di Google Photos secara default.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Photos yang bisa kamu dapatkan dari Google agar bisa secara otomatis mengupload foto yang kamu ambil dari smartphone, tablet, Wimdows PC, dan Mac.

  • Untuk iPhone dan iPad : install aplikasi Google Photos. Aplikasi ini bisa secara otomatis mengupload foto dari roll kameramu, menggantikan tempat dari iCloud Photo Library, dan kamu bisa menghemat ruang penyimpanan iCloudmu.
  • Android : Aplikasi Google Photos memungkinkanmu untuk mengatur upload secara otomatis dari foto-fotomu. Dan ini mungkin sudah bisa diinstall langsung pada perangkat Androidmu.
  • Windows dan Mac : Google juga membuat aplikasi pengupload foto desktop yang bisa secara otomatis mengupload foto dari komputermu. Aplikasi ini akan mendeteksi kamera digital dan SD card yang penuh dengan foto saat kamu menghubungkannya ke PC mu dan bisa secara otomatis menguploadnya untukmu.

Seperti halnya saat kamu menguploadnya melalui website, kamu mungkin ingin menyimpan foto dalam bentuk ‘high quality’, kecuali jika mereka berasal dari kamera DSLR maka kamu harus bersedia membayar untuk penyimpanan tambahan. Kamu juga bisa mengupload video ke Google Photos. Video dengan resolusi 1080p ke bawah bisa disimpan di sini secara gratis.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.