Smartphone Android Tidak Mau Nyala? Ini Solusinya!

by Ummy Tsabit on November 8, 2015

Saat ini, kita semakin dipermudah dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Jika kamu mau menyalakan smartphone atau tablet, kamu tinggal menekan tombol power dan langsung menyala. Namun, jika tombol powermu tidak berfungsi, bukan berarti bahwa perangkatmu rusak atau tidak bisa digunakan lagi. Masih ada cara untuk bisa menyalakannya kembali. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini. Diantaranya adalah kerusakan hardware, tombol power yang sudah rusak, atau ada masalah dengan softwarenya.

Smartphone Android Tidak Mau Nyala? Ini Solusinya!

Berikut ini akan kami ulas secara lengkap tentang beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki masalah smartphone atau tablet yang tidak bisa dinyalakan;

Cas (isi ulang) baterai smartphone Android untuk beberapa menit

Jika baterai perangkat Androidmu hampir mati, kamu akan sering melihat adanya indikator “ baterai lemah” pada layar saat kamu hendak menyalakannya. Namun jika kamu membiarkan baterainya mati sepenuhnya, maka ponsel atau tabletmu tidak mau merespon sama sekali saat kamu menekan tombol Power.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup segera isi ulang baterai ponsel atau tablet Androidmu. Namun, kamu tidak bisa langsung segera menyalakannya kembali. Kamu perlu memberikan beberapa waktu untuk mengisi baterai terlebih dulu. Colokkan charger dan biarkan sekitar 15 menit atau lebih. Lalu ulangi sekali lagi untuk menyalakannya dengan menekan tombol Power. Jika yang jadi masalah adalah baterai yang habis total, maka setelah melakukan cara ini semestinya ponsel bisa kembali menyala secara normal.

Jika cara ini sama sekali tidak berhasil, maka cobalah untuk mencolokkan perangkat dengan menggunakan kabel dan charger yang lain. Charger atau kabel bisa saja rusak dan mencegah perangkat lain yang masih baik-baik saja dari proses pengisian.

Keluarkan baterai atau tekan tombol Power dalam waktu lama

Seperti halnya Sistem Operasi yang lainnya, Android bisa saja terkadang mengalami hard freeze dan menolak untuk merespon. Jika Android menjadi beku sepenuhnya, perangkatmu mungkin bisa saja hidup dan berjalan, namun layarnya tidak mau menyala karena sistem operasinya membeku dan tidak mau merespon penekanan tombol Power.

Untuk itu, kamu memerlukan tindakan ‘Hard reset’, atau juga dikenal dengan istilah ‘power cycle’ untuk mengatasi masalah freeze seperti jenis ini. Hal ini akan memutus aliran daya ke ponsel atau tablet secara menyeluruh, memaksanya untuk mati dan booting kembali.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.