Solusi BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 )

by Siti Eka Kurniati on December 26, 2015

BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 ) akan kamu jumpai saat melakukan flash ponsel kamu menggunakan SP Flash Tool. Error tersebut terjadi setelah Flashing mencapai 100% dan akan muncul pesan BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 ). Flash akan gagal dan ponsel kamu masih dalam keadaan mati. Kondisi ini saya sebut Hardbrick, mengenai Hardbrick dan Softbrick sudah kami ulas pada artikel sebelumnya.

Saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang teman saya yang mengalami Hardbrick ini. Teman saya memakai ponsel dengan kriteria berikut

Nama ponsel : MITO
Hardware : MT6577
Tipe : T720
Build number : GM1502_M17_V1.6
Android v : 4.0.4
Kernel v : 3.0.13 (gm1225@gm1225) (gcc version 4.4.3 (GCC) ) #1 SMP Mon Jan 21 14:15:59 CST 2013

Dan kondisi ponsel hardbrick tersebut disebarkan di forum, sehingga banyak orang lain yang memberikan tanggapan. Tanggapan mereka terlalu relatif, hingga tidak meruncing pada satu masalah. Saat didiskusikan, ponsel tersebut masih dalam kondisi hardbrick sehingga masih trauma untuk mencoba-coba opini mereka.

Saat itu ada pengguna dengan model sama dan sukses dalam melakukan flash mengeluarkan pendapatnya. Setelah saling sharing antara pemilik ponsel brick dan pemilik ponsel sukses flash. Akhirnya didapat suatu solusi dari BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 ).

Dan solusi dari BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 ) disimpulkan bahwa firmware tidak cocok dengan ponsel. Firmware yang telah didownload memang terlihat sama dengan spesifikasi model ponsel. Tetapi justru itulah penyebabnya, ternyata telah terjadi kesalahpahaman dari nama firmware dengan tipe ponsel.

Kemudian firmware dicari ulang dan terlintas takut karena kegagalan akan terjadi lagi. Maka digunakanlah firmware substitusi Mito T720 dengan Mito A300.

Setelah flash dilakukan lagi ternyata berhasil dan hardbrick Mito T720 teratasi. Kesimpulan dari permasalahan BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 ) karena preloader dan dsp_bl gagal. Maka sebelum melakukan flashing perhatikan dan pastikan betul bahwa semua komposisi flash telah sesuai agar tidak terjadi BROM_ERROR : S_DL_GET_DRAM_SETTING_FAIL ( 5054 ) .

Comments on this entry are closed.