Solusi Samsung Galaxy A9 Pro MT6580 Matot, Blank Karena Salah File

by aries on April 27, 2017

Samsung replika atau Samsung supercopy, ada juga yang bilang Samsung clone, apapun istilahnya yang jelas Samsung tersebut bukanlah samsung ori alias samsung kw. Salah satu ciri-cirinya adalah menggunakan chipset Mediatek, seperti MT6580, MT6582, MT6572 dan lain-lain.

Di sini saya tidak akan menjelaskan cara flash flash Samsung Galaxy A9 Pro MT6580, karena saya yakin cara flashnya sama seperti HP MTK pada umumnya. Justru yang sulit adalah menentukan file firmware yang tepat. Untuk mempermudah di sini saya akan bagi menjadi dua kriteria.

Jika samsung replika masih nyala

Jika HP replika dalam keadaan bootloop misalnya, hal ini masih bisa kita cek speknya dengan masuk ke factory mode. Caranya; Samsung replika dalam keadaan off, tekan dan tahan kedua tombol (Power dan Vol bawah). Setelah berhasil masuk factory mode, pilih tulisan yang ada dibawahnya tulisan EMMC maka akan terlihat gambar seperti ini;

Langkah selanjutnya cari firmware yang sesuai dengan spek tersebut. Jangan lupa untuk melakukan backup rom sebelum flashing gan.

Jika Samsung Replika sudah terlanjut matot

Matot yang dimaksud di sini matot karena salah flash pakai firmware yang tidak cocok ya, bukan matot karena terjadi kerusan pada bagian hardware. Jika demikian (matot karena salah file) tidak ada jalan lain kecuali mencoba satu persatu firmware yang tepat. Atau bisa cari firmware disesuaikan dengan tipe PCB-nya. Contoh, di sini ada Samsung Galaxy A9 Pro MT6580 matot gara-gara salah file. Setelah dibongkar seri boardnya adalah Z6U020_MB_V1.0. Di sana juga ada stiker warna ungu (kadang bisa warna putih, hijau, atau orange) dengan serial Z6U020H_V002.


Nah, kita harus cari firmware sesuai dengan nomor serial pada PCB atau boardnya, bisa juga berdasarkan stiker yang tertera pada board tersebut.

Mencari file firmware replika dalam keadan matot lebih sulit daripada cari jarum ditumpukan jerami lho. Tapi apapun itu, jika kita berusaha dan jangan lupa berdoa pasti ketemu. Terkadang, kita juga butuh file kombinasi agar hasilnya bisa benar-benar sempurnya. Artinya dari kumpulan beberapa file firmware yang kita download, kita oplos file tersebut. Setelah jadi file oplosan bisa digunakan untuk flashing samsung replika, seperti yang saya lakukan pada Samsung Galaxy A9 Pro MT6580.

{ 3 comments… read them below or add one }

Willy September 15, 2017 at 1:59 pm

Assalamualaikum mas,
Saya baru beli samsung A9 replika made in vietnam, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
1. Suara audio speaker tidak keluar .
2. Menu yang ada sangat minim (apakah memang spt itu?).
3. Untuk download aplikasi di playstore menggunakan wifi sangat .lambat, sy bandingkan dengan samsung tab 2 malah lebih cepat.
Mohon pencerahannya mas untuk saya yang masih awam, terima kasih.

Wassalam.

Yaniar Asmara September 15, 2017 at 9:21 pm

W. salam
apakah yang dimaksud made in Vietnam itu HP replika..?

Willy September 20, 2017 at 10:32 am

ya, Replika…

Leave a Comment