Solusi Samsung S4 GT-I9500 MT6572 Matot Salah Firmware

by aries on May 19, 2017

Khusus Samsung S4 Replika kalau sudah matot gara-gara salah file dan tidak mempunyai file backup dari rom aslinya memang amat sangat bikin pusing. Kenapa demikian, karena salah satu HP replika yang banyak sekali memiliki varian adalah Samsung S4 GT-I9500.

Saya sendiri tidak tahu persis ada berapa, beda dengan S5 replika, meskipun banyak juga tapi viriannya tidak lepas dari itu-itu saja. Bahkan melihat dari PCB atau jumlah baut (sekrup) yang ada pda Samsung S5 saya langsung tahu jenis file firmwarenya, hehehe. (ini benaran lho 🙂 )

Apa yang saya tahu di S5 (ciri-ciri S5 untuk menentukan firmware) ternyata tidak bisa diterapkan untuk Samsung S4 replika

Jujur saja, sebenarnya saya sendiri sudah agak malas dengan S4 replika mengingat harga HP yang sudah tidak seberapa. Tidak sebanding dengan waktu, pikiran, dan tenaga untuk mencari file firmware yang cocok jika HP S4 sudah dalam keadaan matot.

Namun beberapa hari yang lalu, saya sepertinya ‘dipaksa’ untuk mencari file firmware S4 yang sudah kadung matot. Mau saya tolak kok yang servis teman saya sendiri, ya dengan nada guyon saya katakan kepada dia; “siap saya carikan, dengan biaya 200 ribu, hahaha”.

Ok kembali ke masalah Samsung S4 Relika matot karena salah file. Untuk menentukan file firmware tidak lain adalah mencoba satu persatu dari persediaan firmware S4 replika yang sudah ada. Jika satupun tidak ada yang cocok, terpaksa Googling cari firmware bedasarkan PCB atau seri boardnya. Sebagai contoh, Samsung S4 yang matot ini seri boardnya adalah  V16_MBPCB_V4.2. Berarti kita harus cari dengan kata kuci “firmware S4 V16_MBPCB_V4.2 MT6572”. Penentuan MT6572 diambil dari seri CPU-nya. Cari sampai ketemu di Google pencarian, jangan hanya berhenti halaman pertama saja, namun terus sampai halaman dari hasil penelusuran Google habis (kalau nggak capek tapi).

Jika sudah ketemu dan dicoba cocok, maka akan menjadi kepuasan tersendiri. Bahkan jika tidak dibayarpun tetap senang karena saking puasanya. 🙂

Dan akhirnya saya pun menemukan firmware S4 V16_MBPCB_V4.2. Sebagai bukti bisa dilihat video tutorialnya berikut ini;

Catatan:

Tips trik seperti ini tidak hanya berlaku untuk Samsung s4 Replika saja, namun semua jenis Samsung Replika yang mengalami kasus sama (matot karena salah file firmware). Sebagai contoh adalah Samsung Galaxy A9 Pro yang sudah saya bahas beberapa minggu yang lalu.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment