Solusi Unzip Image Failure Asus Zenfone C

by aries on December 25, 2016

Sebenarnya sudah sering kali saya dapat servisan Asus Zenfone C yang bootloop, dari sekian banyak kasus bootloop Asus Zenfone C baru beberapa hari yang lalu ada seri tersebut yang lumayan bikin pusing karena selalu gagal saat saya flash Asus Zenfone C tersebut dengan Asus flash tool.

Pesan error yang ditampilkan di Asus flash tool adalah Unzip Image Failure. Melihat pesan eror tersebut, sekilas memberikan gambaran bahwa yang eror itu adalah firmware yang tidak bisa diekstrak oleh Asus flash tool karena suatu hal, entah korup atau error yang lainnya.

Dengan demikian, saya putuskan untuk download ulang firmware dengan harapan pesan eror Unzip Image Failure bisa teratasi dengan mengambil file baru. Namun ternyata, saat saya ulangi flash, pesan eror tersebut masih saja muncul. Kemudian, untuk memastikan bahwa firmware tersebut korup atau tidak saya mencoba unzip (ekstrak) secara manual dengan program winrar. Proses unzip berjalan lancar tanpa ada indikasi file korup.

Setelah berfikir beberapa saat, saya jadi ingat dengan dongle Ultrashell. Disamping bisa digunakan untuk melakukan flash, dongle ini juga menyediakan download support yang berisi semau firmware samrtphone Android apapun mereknya. Meski tidak 100 persen komplit, setidaknya kumpulan firmware yang ada pada dongle ini sudah sangat cukup untuk persediaan servis smartphone, khususnya yang terkait dengan software atau flashing Android.

Kembali ke masalah Asus Zefone C. Untuk firmware Asus, Ultrashell menyediakan dua jenis file. Satu file fastboot (file yang sudah sering beredar di internet) dan yang kedua adalah file tipe superpack. Nah, ketika saya mencoba flash dengan Ultrashell menggunakan file fastboot juga gagal. Akhirnya saya gunakankan file superpack.

Setelah selesai download file superpack, ekstrak. Hasil ekstrak akan berupa satu file yang berekstensi .uxz. Copy file ini lalu paste di data/droid/superpack.

Daripada pusing-pusing, langsung saja kita simak video tutorialnya berikut ini;

Catatan:

Dongle Ultrashell ini tidak gratis, silahkan Googling di mana dan berapa harga dongle tersebut. Karena di sini saya tidak bermaksud promosi. Hanya sekedar share tentang solusi Unzip Image Failure Asus Zenfone C atau bahkan seri Zenfone lainnya.

Comments on this entry are closed.