Spesifikasi dan Harga Blackberry Aurora

by Yaniar Asmara on March 31, 2017

Meskipun sempat lama tenggelam dalam persaingan pasar ponsel dunia, salah satu perusahaan ponsel ternama, Blackberry perlahan kembali bangkit dengan produk – produk andalannya. Dan kini, bekerja sama dengan BB Merah Putih, Blackberry kembali menelurkan satu smartphonenya yang dikhususkan untuk pasar Indonesia, dia adalah Blackberry Aurora.

BB Merah Putih

Perlu anda ketahui bahwa Blackberry Aurora adalah smartphone yang dibuat secaran khusus dengan memenuhi peraturan TKDN. Selain itu, smartphone ini juga memiliki berbagai fitur menarik meskipun sebagian besar spesifikasi hardwarenya masih terbilang standar. Nah, penasaran bagaimana spesifikasi smartphone khusus Indonesia ini? langsung saja simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Blackberry Aurora

Desain dan bodi

Dari segi desain, Blackberry Aurora memiliki tampilan yang standart. Bahkan desain bodi smartphone ini dinilai masih kalah jika dibandingkan dengan para pesaingnya dengan harga dan segmen yang sama. Di bagian permukaan, Blackberry Aurora dibekali dengan layar selebar 5,5 inch berteknologi Amoled Capacitive touchscreen dengan resolusi 720 x 1280 pixels (268 ppi). Layar ini mampu menghasilkan gambar yang berkualitas, jernih, dan tentunya terang.

Dengan berat 178 gram, smartphone ini agak sulit jika harus dioperasikan dengan satu tangan karena Blackberry Aurora memiliki dimensi yang cukup besar, yakni 152 x 76,8 x 8,55 mm. Sedangkan untuk warnanya, Blackberry menyediakan 3 varian, Hitam, Emas, dan Silver.

Software dan hardware

Seperti yang kami sebutkan di awal, di sisi dapur pacu, Blackberry Aurora dibekali dengan hardware yang sebagian besar masih tergolong standart di kelasnya. Hal ini terbukti dengan penggunaan Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan pengolah grafis GPU Adreno 308.

Namun untungnya performa smartphone ini masih tertolong berkat terpasangnya RAM sebesar 4 GB. RAM berkapasitas besar ini sangat baik untuk memastikan aktivitas pengguna tidak terkendala hang atau pun lag. Selain itu, di sisi software Blackberry Aurora juga sudah menjalankan operating system terbaru dari Android yakni Android Nougat v7.0.

Kamera

Setelah mengetahui sektor tampilan dan dapur pacu Blackberry Aurora, kini saatnya kita beralih ke bagian fotografi. Di bagian ini, Blackberry Aurora memiliki keunggulan tersendiri berkat terpasangnya sepasang kamera beresolusi tinggi yang juga disertai dengan fitur – fitur menarik.

Di bagian belakang, Blackberry Aurora mengusung kamera beresolusi 13 MP yang dilengkapi dengan fitur phase detection, autofocus, dan yang paling menarik adalah dual tone LED Flash yang mampu mengurangi noise ketika mengambil gambar dalam keadaan low – light.

Sementara itu di bagian depan, sudah terpasang kamera beresolusi 8 MP yang juga memiliki LED Flash. Dengan resolusi yang besar serta LED Flash, kamera ini sangat baik untuk menghasilkan foto selfie yang berkualitas dan pastinya jernih.

Sistem penyimpanan

Tidak hanya kameranya yang berkualitas, Blackberry Aurora juga memiliki ruang penyimpanan yang sangat lapang. Smartphone ini sudah menyediakan 32 GB ruang penyimpanan internal. Namun jika anda khawatir akan kehabisan memori, anda masih bisa memperluasnya dengan menggunakan micro SD dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB.

Konektivitas

Di bagian konektivitas, Blackberry Aurora sudah mendukung jaringan 4G LTE dan 3G HSPA. Selain itu, Blackberry Aurora juga menyediakan berbagai fitur untuk kepentingan transfer file dan lain – lain seperti Bluetooth v4.1, Wi – Fi, Micro USB 2.0 (Type C), dan A-GPS GLONASS. Sayangnya dengan harganya yang begitu mahal, smartphone ini belum menggunakan USB Type C.

Baterai

Keungggulan lain dari Blackberry Aurora adalah baterainya yang memiliki daya besar. Tercatat smartphone ini ditenagai dengan baterai Non-removable Li-ion 3000 mAh. Sayangnya baterai ini masih belum dilengkapi dengan teknologi Fast Charging.

Harga

Dengan segala spesifikasi yang dimiliki, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp. 3.499.000,-. Harga ini tergolong mahal mengingat smartphone ini tidak memiliki komponen hardware yang terlalu baik.

Kelebihan

  1. Menggunakan layar 5,5 inch dengan panel Amoled Display yang mampu menyajikan gambar tajam
  2. Kamera belakang 13 MP dilengkapi dengan dual tone LED Flash dan kamera depan 8 MP yang juga memiliki LED Flash
  3. Support 4G LTE
  4. RAM 4 GB
  5. Kapasitas baterai besar, 3000 mAh
  6. Kapasitas memori internal besar (32 GB).

Kekurangan

  1. Belum menggunakan port USB Type C
  2. Baterai tidak dilengkapi fast charging
  3. Penggunaan Snapdragon 425 tidak sesuai harga
  4. Harga terlampau mahal.

Comments on this entry are closed.