Tahukah Kamu Tentang Kernel?

by Siti Eka Kurniati on December 24, 2015

Jika kamu pernah membuka opsi setelan pada Android kamu dan masuk ke Informasi Ponsel, kamu pasti telah melihat versi Kernel. Apakah itu versi Kernel?

Definisi Kernel

Kernel adalah spesifikasi hardware yang digunakan Android yang berbeda satu sama lain berdasarkan dengan tipe Android tersebut. Android menggunakan versi kernel yang dimulai dari versi 2.6.25 pada sistem operasi Android 1.0 atau generasi Android pertama.  Kernel memegang kendali dari Binder, ashmem, pmem, logger, wakelock ( pengatur tenaga daya ) dan OOM atau Out-Of-Memory yang merupakan status dimana operasi Android tidak mempunyai memori lagi untuk digunakan menjalankan aplikasi.

Apa yang Kernel lakukan?

Ketika software menginginkan kinerja dari hardware, seperti restart, mematikan ponsel dan sebagainya. Maka software terlebih dahulu akan request pada kernel. Dan juga seperti halnya saat kamu menekan touch screen kamu maka hardware akan menginformasikan kepada software yang kamu tekan. Contoh, kamu menekan Home berada di bawah, hardware kamu mengirim koordinat titik sentuhnya dahulu kepada kernel agar diproses oleh software yang kamu tekan tersebut. Jadi saya tarik kesimpulan bahwa kernel adalah perantara dari traffic software dan hardware, itulah paling tidak pengertian yang lebih mudah dipahami.

Sejarah Kernel

Google mengumumkan pada April 2010 bahwa Google Android Developer atau pengembang Google Android melakukan proses kernel. Pada Desember 2011, Greh Koah-Hartman memulai Android Mainlining Project yang mana mengaplikasikan kernel pada Driver Android.

Kernel bukanlah hal yang unik dari Android, bahkan iOS MacOS, Windows, Blackberry QNX juga mempunyai kernel. Semua ponsel beroperasi tinggi mempunyai kernel. Tapi Linux adalah satu-satunya yang digunakan oleh Android.

Pada kernel Android Gingerbread akan berbeda dengan kernel Ice Cream Sandwich.

Versi Kernel

Jika kamu melihat berderet angka dan alphabet pada informasi kernel itulah tipe dari kernel yang kamu pakai saat ini. Dalam deret kernel terdapat informasi yang berupa versi Linux, model desain, kode jaringan, tahun dirakit dan akun.

Dapat saya contohkan sebagai berikut cara pembacaan kernelnya yang terinformasikan pada Setelan saya. Misal :

Kernel version:
2.6.35.7-I9100BUKG2-CL342890root@DELL102#2

dapat di baca seperti ini:

2.6.35.7 = versi Kernel Linux yang digunakan
I9100 = desain model
BU = kode jaringan untuk Vodafone
KG2 = menandakan dirakit pada 2011 Juli
CL342890root =  pengguna akun di sistem tersebut
DELL102#2 = menandakan inisial perakit dan kodenya

Setidaknya itulah deskripsi dari kernel agar kamu cukup mengenal penggerak hardware di ponsel kamu dan akan dibutuhkan para mekanik pada nantinya. Semoga harimu indah 😀

Comments on this entry are closed.