Tak Mau Kalah, Kini Google Translate Juga Hadir Untuk Android Wear

by Ummy Tsabit on August 24, 2015

Dunia ini merupakan tempat yang sangat luas sekali, dan berisi berbagai macam jenis suku dan Negara yang menggunakan jenis bahasa yang berbeda-beda pula. Mulai dari Melayu, Inggris, Cina, Spanyol, hingga Arab. Kalau dihitung-hitung, kurang lebih ada sekitar 100 bahasa yang berasal dari segala penjuru dunia. Bayangkan, jika kamu bepergian ke suatu Negara yang memiliki bahasa yang sama sekali asing dan tidak pernah kamu dengar sebelumnya. Tentu akan ribet bukan? kamu harus berebicara dengan seseorang yang sama sekali tidak mengerti dengan apa yang kamu ucapkan.

google trnslate di android wear

Untungnya, di era yang serba modern ini bahasa kini tak lagi menjadi kendala yang berarti. Setelah beberapa saat yang lalu, tepatnya di awal bulan Agustus ini Microsoft meluncurkan aplikasi penterjemah Microsoft Translator untuk Apple Watch dan Android Wear, pesaing terberatnya, Google juga tak mau kalah dengan baru saja juga meluncurkan versi terbaru Google Transalate untuk jam pintar Android Wear. sepertinya persaingan antara Microsoft Translator VS Google Translate semakin seru saja bukan?

Cara kerja & Dukungan Bahasa Google Translate Untuk Android Wear

Dengan semakin maraknya penggunaan smartwatch saat ini, gawai pakai yang fleksibel ini hadir dengan fitur yang makin lengkap. Salah satunya, Android Wear kini juga mendukung Google Transalate. Dengan adanya palikasi ini, akan mempermudah antara dua orang yang berbicara dalam bahasa yang berbeda untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Mungkin ini akan sedikit aneh untuk melakukannya melalui jam tangan, namun Google telah merancang aplikasi ini dalam cara yang bisa berfungsi dengan baik dalam bentuk jam.

Google mengatakan pada dasarnya kamu hanya perlu berbicara ke jam tanganmu untuk melihat kalimat yang kamu ucapkan diterjemahkan. Kamu kemudian harus memutar jam tanganmu dengan membalik pergelangan tangan Anda bolak-balik (ke depan dan belakang). Saat jam tangan sudah berubah arah, dan menghadap ke orang yang kamu ajak berbicara, maka Translate akan menerjemahkan kata-katamu ke bahasa orang asing tersebut. Ketika mereka merespon, balik lagi pergelangan tanganmu kembali untuk melihat bagaimana jawaban dari mereka. Cukup mudah bukan?

Fitur percakapan langsung yang menggunakan Google Translate di Android Wear hanya bekerja dengan 44 bahasa dari total 90 bahasa yang bisa diterjemahkan oleh Translate. Meski begitu, Translate akan memberitahu secara otomatis bahasa mana yang digunakan dari ke-44 bahasa tersebut, dimana hal itu membuat kita nyaman tanpa harus bingung mengenali nama bahasa dari orang asing yang kita ajak bicara. Sayangnya, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet, meskipun tanpa harus terhubung ke handphone.

Comments on this entry are closed.