Tips Agar Smartphone Android Tidak Mudah Panas

by aries on July 16, 2014

Selain tips merawat smartphone agar awet & tidak mudah lag dan juga tips optimalkan kinerja RAM smartphone android, tips yang tidak kalah penting dan harus kamu perhatikan adalah menjaga agar smartphone tidak mudah panas.

Jika kamu pernah mengalami smartphone Androidmu terasa panas padahal sedang tidak dalam pemakaian yang intens? Begini penyebabnya, meski sejatinya semua gadget pasti akan mengeluarkan panas, namun jika panasnya berlebihan tentu akan mengganggu aktivitasmu dan otomatis baterai pun akan cepat terkuras. Itu semua disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti memakai smartphone sambil di-charge, menggunakannya secara berlebihan (terus menerus), digunakan membuka beberapa aplikasi yang berat secara bersamaan, komponen ponsel yang cepat panas, dan masih banyak faktor yang lainnya. Supaya smartphone Android yang kamu miliki tidak mudah panas, berikut adalah beberapa tipsnya;

Tips Agar Smartphone Android Tidak Mudah Panas

  1. periksa aplikasi yang berjalan di balik layar (background)

Dalam Android, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa tertutup secara langsung meski kamu sudah menekan tombol ‘back’ berkali-kali. Hal inilah yang membuat smartphone kamu cepat terasa panas. Sebagai langkah antisipasinya, kamu bisa mengeluarkan aplikasi tersebut dengan cara klik menu ‘setting’, lalu pilih ‘apps’, lalu pilih ‘running’. Tutup aplikasi yang masih bejalan sesuai keinginan. Jadi, semua aplikasi bisa tertutup dengan aman.

  1. perhatikan pemakaian perangkat Android

Jika kamu menggunakan smartphone untuk melakukan chatting, menelepon, dan SMS secara bersamaan, pasti panasnya smartphone tidak bisa terelakkan lagi. Untuk mengatasinya, matikan aplikasi chatting yang tidak digunakan, seperti WeChat, Line, WhatsApp dan aplikasi lainnya. Jangan terlalu memaksakan kinerja Android dengan memakainya untuk bermain game berat ataupun browsing internet secara bersamaan dalam waktu yang lama.

  1. cek kualitas baterai yang dimiliki

Baterai yang sudah lama dan berulang kali di-charge, tentu akan menyebabkan baterai gadget kamu mudah habis dan harus sesering mungkin men-chargenya. Apalagi jika digunakan sambil ber-Wifi, smartphone akan mudah sekali terasa panas. Cek kualitas baterai, jika sudah tidak layak lagi, segera ganti dengan baterai yang baru.

  1. keadaan sekitar ruangan juga perlu perhatian

cuaca yang terlalu panas dan pengap, bisa mengakibatkan perangkat juga tertular panas. Begitu pula jika kamu meletakkan atau memegang smartphone dengan cara yang salah, juga akan membuat smartphone cepat panas. Maka dari itu, gunakan smartphone pada ruangan yang udaranya sejuk, dan jauhkan dari perangkat elektronik lain yang juga sama-sama  memancarkan panas seperti komputer, laptop, dan televisi.

  1. perhatikan kekuatan sinyal jaringan seluler

Jika meletakkan ponsel diruang tertutup dengan sinyal jaringan yang rendah, otomatis akan memaksa komponen smartphone bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal kembali dan tentunya membuat suhu tubuh ponsel menjadi panas. Solusinya, cari tempat terbuka untuk mendapatkan kualitas sinyal yang baik, dan yang terpenting, jangan gunakan ponsel untuk browsing internet dalam kondisi sinyal yang lemah.

  1. root smartphone

Cara lain yang lebih efisien adalah, dengan me-root perangkat gadget kamu. hal ini akan memudahkan kamu untuk mengatur aplikasi yang berjalan di smartphone. Root dapat membantu menghilangkan berbagai fitur yang memberatkan kinerja smartphone. Hasilnya, prosesor akan bekerja lebih baik lagi ketika mencapai level temperature tertentu bila kamu menginstall aplikasi set CPU.

Comments on this entry are closed.