Tips Aman Menggunakan Internet Bagi Anak

by Siti Eka Kurniati on March 14, 2016

Seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, gadget yang beredar di pasaran menjadi sangat mudah dimiliki dengan harga yang relative murah. Kemudahan ini bisa menjadikan dua mata pisau bagi kita. Gadget seperti smartphone ataupun tablet memang menjadi inovasi yang memiliki manfaat luar biasa. Komunikasi serta informasi yang kita butuhkan menjadi lebih mudah untuk didapat.

cara aman anak mengakses internet

Tetapi, kemudahan tersebut juga memiliki mata pisau yang bisa merugikanmu. Banyaknya gadget yang beredar serta kemudahan akses internet yang bisa didapat hampir dimanapun membuat seseorang bisa mengakses apapun yang mereka inginkan.  Para orang tua sekarang ini juga membebaskan anaknya memegang atau bahkan memiliki gadget mereka sendiri tanpa tahu konten apa yang ada dalam gadget atau tidak mengontrol kegiatan anak saat menggunakan gadget. Hal tersebut bisa membuat anak bebas mengakses konten dewasa yang beradar luas di dunia maya. Untuk menghindari hal tersebut, kami akan membagikan tips bermain internet yang aman bagi anak. Simak ulasannya berikut ini.

Awasi Penggunaan Smartphone

Para orang tua harus selalu memeriksa gadget anak mereka. Aplikasi apa sajakah yang ada dalam gadget anak dan conten apa saja yang ada dilamanya, apakah aman atau tidak. Pasang aplikasi antivirus yang bisa memblokir iklan yang biasanya berisi konten dewasa. Pasang aplikasi keamanan seperti Kid Place yang bisa mencegah anak mengunduh dan memasang aplikasi baru. Yang  paling penting adalah pengawasan orang tua secara langsung terhadap penggunaan smartphone anak dan bertanya apa saja yang dikerjakan si kecil dengan gadget mereka. (baca : tips memilih antivirus terbaik)

Letakkan Komputer Di Tempat Yang Terlihat

Jika kamu memiliki PC di rumah dan terhubung ke jaringan internet, sebaiknya letakkan pc di tempat yang bisa kamu awasi. Jangan meletakkan pc di kamar si anak agar kamu bisa lebih mengawasi kegiatan anak saat menggunakan internet.

Komunikasi Tentang Penggunaan Internet

Bicarakanlah dengan anak tentang penggunaan internet. Dampak baik dan dampak buruk yang bisa didapatkan lewat internet dan beritahukan  situs seperti apa yang sebaiknya anak tidak kunjungi. Selain itu, pantau terus kegiatan anak yang menggunakan social media seperti facebook atau twitter.  Beritahukan kepada anak juga untuk tidak mengobrol dengan orang asing apalagi bertemu dengan orang asing yang dikenalnya lewat social media.

Disiplin Waktu

Berikan jadwal khusus bagi anak untuk menggunakan internet (kecuali untuk mengerjakan tugas sekolah) agar anak tidak kecanduan dan masih berkegiatan lain. Selalu ingatkan batasan waktu pada anak.

Lihat History

Jika kamu tidak sempat mengawasi penggunaan internet setiap saat, kamu bisa memeriksa history browser dan mengetahui situs apa saja yang telah dikunjungi oleh anak. Jika ada situs yang situs yang mencurigakan, kamu bisa memberitahu dan menasehati anak. Ada beberapa cara melihat history dari berbagai browser, contohnya :

  • Firefox : kamu bisa langsung melihat menu History di bagian atas browser
  • UC : Klik Ikon UC di pojok kiri atas – pilih history
  • Chrome : Klik ikon option di bagian kanan atas dan pilih history
  • Internet Exlpore : Klik tombol Favorites dan pilih tab history

Umumnya semua browser memiliki pintasan dengan tombol kombinasi Ctrl + H untuk membuka history.

Itu dia tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada anak agar anak bisa menggunakan internet dan bermain internet secara aman.

Comments on this entry are closed.