Tips Gunakan Maps Offline di Windows Phone

by aries on March 15, 2015

Jika kamu merupakan salah satu orang yang sering mengandalkan panduan sinyal GPS, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya aplikasi Maps. Maps kini juga telah hadir dalam semua seri Windows Phone. Secara default, sebenarnya aplikasi ini mengharuskan adanya koneksi internet agar dapat digunakan. Tentu hal ini akan merepotkan jika kamu berada dalam area yang sulit mendapatkan sinyal internet atau ingin menghemat kuota internet.

cara gunakan maps offline

Tapi tenang saja, Windows Phone telah menyertakan fungsi supaya panduan ppeta tersebut masih bisa tetap dijalankan meski dalam kondisi offline. Jika kamu ingin memanfaatkan kemudahan ini, maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka aplikasi Maps, lalu saat aplikasi akan meminta ijin untuk mengaktifkan lokasi, tekan ‘Allow’.
  2. Tekan symbol tiga titik yang berada di ujung atas sebelah kanan (fungsi More), lalu pilih ‘Setting’.
  3. Tekan pilihan download Maps.
  4. Kemudian tekan tanda + dan pilih benua tempat Negara yang ingin kamu unduh.
  5. Kamu bisa memilih Negara yang diinginkan, dengan ukuran file yang berbeda-beda saat diunduh.
  6. Setelah kamu menentukan Negara mana yang kamu pilih, lalu tekan ‘Download’ dan tunggu proses pengunduhan hingga selesai.
  7. Selanjutnya kamu bisa melihat peta Negara yang telah di unduh meskipun dalam kondisi Off line( internet tidak terhubung).

Perlu kamu tahu, data negara yang telah kamu unduh akan tersimpan di memori internal. Sayangnya, kamu tidak bisa memindahnya ke memori eksternal secara default. Jika kamu ingin memindahkannya ke memori eksternal, maka kamu bisa gunakan bantuan pihak ke tiga seperti Lumia Storage Check Beta yang bisa diunduh di Windows Store.

Jika sebelum mengunduh aplikasi ini kamu sudah terlanjur mengunduh data Map, maka hapus dulu data tadi. Caranya, masuk ke menu Settings, geser ke Application > Maps > Download Maps. Pilih Negara yang telah kamu unduh tadi, lalu tekan Delete. Setelah itu, jalankan aplikasi Lumia Storage Check Beta, geser ke bagian Detail, dan tekan Change. Pada pilihan Store Maps On, ganti pilihannya untuk dipindah ke SD card. Lalu tekan aplikasi Maps dan lakukan proses pengunduhan seperti cara yang telah disebutkan di atas.

NAnggroe aceh March 16, 2015 at 12:09 am

thanks for sharing

Comments on this entry are closed.