Tips Memaksimalkan Kinerja Laptop Yang Lambat

by Muhammad Yusuf on July 21, 2015

Laptop pada masa kini udah sangat beragam, baik dari harga dan kualitas. Ada juga yang mengatakan kalau kualitas laptop di tentukan dengan mahalnya harga laptop tersebut. Padahal belum tentu benar juga, karna itulah, seorang yang ingin memiliki laptop sebaiknya lebih mengerti dulu tentang laptop yang akan di beli, karena sekarang laptop udah di bedakan berdasarkan fungsi dan kebutuhannya, dan jangan sampai salah.

Ada laptop untuk multimedia (audio & video), main game, editor,  atau hanya sekedar untuk browsing internet dan mengetik. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda begitu juga harganya.

Untuk Laptop yang cuman buat browsing internet dan mengetik saja, biasanya memiliki spesifikasi yang gak mumpuni atau bisa dibilang rendah, dengan begitu harganya sangat murah di pasaran. Sehingga banyak yang memiliki laptop ini di kalangan mahasiswa dan pelajar.

Tentu saja laptop dengan spesifikasi yang rendah dan dengan harga yang murah, laptop ini banyak sekali kekurangannya. Yang paling utama yaitu lambatnya dalam memproses kerja sesuatu baik itu menjalan-kan software ataupun menjalankan system. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya membagikan tips memaksimalkan kinerja laptop yang lambat.

Gunakan sistem operasi yang ringan

Untuk sistem operasinya, saya sarankan untuk menggunakan Windows XP, LINUX UBUNTU atau Windows 8.1. Dari ketiganya, yang paling saya rekomendasikan sih Windows XP dan Ubuntu, karena sangat nyaman dan ringan saat digunakan.  Saya sendirimemakai Windows XP, terbukti tidak terlalu banyak memakan CPU Usage dan RAM.

Gunakan software yang dibutuhkan saja

Untuk lebih nyaman lagi, lebih baik kita gunakan software-software yang hanya dibutuhkan saja dan pilih versi yang agak jadul agar ringan, berikut beberapa software yang saya sarankan:

Microsoft Office, software yang wajib diinstall di laptop kita, dan saya sarankan untuk menggunakan Microsoft Office 2007. Karena kalau menggunakan versi 2010 dan seterusnya, laptop kita akan sangat lambat dan nge-lag 😀 .  Gak enak kan kalau lagi asyik-asyiknya ngetik tugas, tau-tau laptop ngehang mana deadline-nya mepet lagi.

Sumatra PDF, software untuk membaca file PDF atau Ebook, sangat saya sarankan karena softwarenya sangat ringan, simple dan buatan karya anak bangsa. Mari gunakan produk-produk Indonesia.

AIMP2, software pemutar lagu yang saya sarankan, atau untuk yang lebih ringan bisa juga menggunakan software “Winamp”.

KMPlayer, Software ajib alias luar biasa, soalnya dengan software ini kita masih bisa menonton film dengan kualitas Bluray 720p.  Padahal kualitas laptop yang kita pakai itu umumnya tidak mampu untuk menjalan video dengan kualitas Bluray . Keren banget kan? 😀

Firefox Versi 3.6 Beta, Untuk Browsing saya menggunakan Firefox versi 3.6 Beta. Ini software sangat ringan bila dibandingkan dengan versi terbarunya. Tetapi banyak kekurangannya, terkadang tidak compatible dengan beberapa website. Saya menggunakan software ini hanya untuk membuka situs versi mobile seperti m.facebook.com dan m.kaskus.co.id. Untuk mendownloadnya bisa di Filehipo.com, disana anda bisa mendownload firefox dari versi dulu dan sekarang.

Google Chrome, Karena di Firefox versi 3.6 Beta banyak kekurangannya, saya juga menggunakan software ini untuk browsing, masih masuk kategori ringan untuk software ini.

Adobe Photoshop CS 4 Portable, untuk mengedit foto saya sarankan untuk menggunakan software Adobe Photoshop yang portable, karena software-nya sangat ringan. Meskipun banyak kekurangan dan fitur yang di hapus. Untuk editor foto yang gak terlalu Expert atau Professional software ini masih layak untuk digunakan.

Corel Draw X3, Saya juga menggunakan software ini untuk membuat logo, spanduk dan lainnya. Atau bisa juga menggunakan yang versi Portable nya.

Untuk Antivirus, saya tidak menginstall nya sama sekali, antivirus itu sangat banyak memakan RAM kita. Jadinya laptop kita akan sangat lambat. Atau kalian bisa menginstall antivirus Smadav buatan Indonesia, antivirus-nya ringan, tapi gak begitu menjamin, malah kalau kita masukin flasdisk kadang laptop kita ngehang juga karena Smadav langsung menjalankan proses scanning secara otomatis.

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan kinerja laptop atau komputer yang lambat, gunakan saja aplikasi atau software yang diperlukan saja. Jadi, jangan menginstall aplikasi atau bahkan game yang sama sekali kamu tidak membutuhkannya. Jika kamu membutuhkan sebuah aplikasi, gunakan versi jadul yang tidak banyak memakan CPU dan RAM seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Comments on this entry are closed.