Tips Membeli SD card Yang Tepat

by Ummy Tsabit on September 10, 2015

Tentu kamu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. SD card sudah umum digunakan dalam kamera digital, music player, smartphone, tablet, bahkan laptop sekalipun.  Namun perlu kamu ketahui, tidak semua SD card dirancang dengan sama rata. Ada perbedaan mengenai kelas kecepatan, ukuran fisik, serta kapasitas yang perlu kamu pertimbangkan. Merek dan perangkat yang berbeda, tentu akan membutuhkan jenis SD card yang berbeda pula.

 

ukuran SD card

Berikut akan kami ulas secara lengkap tentang SD card yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk membeli SD card yang tepat sesuai dengan perangkat yang kamu miliki;

Kelas kecepatan

Yang jelas, tidak semua SD card menawarkan kecepatan yang sama. Hal ini penting bagi beberapa tugas yang dilakukan seseorang. Misalnya saja, jika kamu adalah seorang fotografer profesional yang mengambil foto dalam pemotretan beruntun menggunakan kamera DSLR dan menyimpannya dalam format RAW yang beresolusi tinggi, tentu kamu menginginkan SD card yang cepat sehingga kameramu bisa menyimpannya secepat mungkin. SD card yang cepat juga penting jika kamu ingin merekam video beresolusi tinggi dan menyimpannya langsung ke SD card. Sebaliknya, jika kamu hanya mengambil beberapa foto menggunakan kamera digital biasa atau hanya menggunakan SD card untuk menyimpan file media ke smartphone mu, tentu kecepatan SD card tidak terlalu penting.

Para pabrikan menggunakan “speed class” untuk mengukur kecepatan SD card. Ada 4 jenis kelas kecepatan yang berbeda, yakni kelas 10, 6, 4, 2. Kelas 10 adalah yang tercepat, sementara 2 adalah yang paling lambat. Kelas 2 cocok digunakan untuk perekaman video dengan definisi standar, sementara kelas 4 dan 6 cocok untuk merekam video berdefinisi tinggi (HD). Kelas 10 cocok untuk merekam video Full HD dan merekam video HD secara beruntun.

Sebenarnya ada lagi dua kelas kecepatan yang lain, yakni UHS (Ultra High Speed). Namun harganya jauh lebih mahal dan dirancang khusus untuk penggunaan profesional. UHS SD card hanya digunakan untuk perangkat yang juga mendukung UHS. Berikut adalah simbol dari kelas kecepatan SD card, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi:

 simbol kelas kecepatan SD card

Kamu mungkin oke-oke saja menggunakan SD card kelas 4 atau 6 untuk digunakan di kamera digital, smartphone, atau tablet. SD card kelas 10 ideal jika kamu ingin merekam video resolusi tinggi atau foto RAW. Sebaiknya kamu jangan menggunakan SD card kelas 2 di zaman sekarang ini, karena sepertinya sudah tidak relevan lagi. Bahkan, smartphone dengan harga terjangkau sekalipun kini sudah bisa merekam video HD.

Untuk bisa mengetahui berapa kelas kecepatan SD card, kamu bisa melihatnya langsung simbolnya pada kartu memori itu sendiri atau pada daftar toko online saat kamu membelinya. Jika kamu melihat tidak terdapat simbol, maka SD cardmu tidak memiliki kelas kecepatan (0). Kartu ini didesain dan diproduksi sebelum tingkat kelas kecepatan diperkenalkan. Kartunya mungkin akan lebih lambat dibandingkan dengan kelas 2 sekalipun.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.