Tips membeli smartphone baru yang harus kamu tahu

by aries on June 29, 2014

Semakin ketatnya persaingan produk smartphone, khususnya untuk smartphone mid-end, membuat kita semakin bingung untuk menjatuhkan pilihan. Apalagi, harga dan spesifikasi yang ditawarkan semakin beragam. Tidak seperti smartphone kelas atas yang terbuat dari material unggulan dan berbagai fitur aplikasi yang lengkap, ataupun smartphone kelas bawah yang minim fitur dengan memori terbatas, smartphone kelas menengah tepat berada ditengah-tengahnya. Yakni, smartphone kelas menengah sudah dilengkapi fitur yang lengkap, namun dengan kualitas yang diturunkan dari smartphone kelas atas, seperti resolusi kamera yang diturunkan, memori internal dan prosesor yang lebih sedikit, atau kualitas layar yang dikurangi, dan lainnya. Intinya, pengguna tetap bisa merasakan kelengkapan fitur smartphone kelas atas meski kualitasnya tidak terbaik, dan yang pasti harganya juga lebih terjangkau, berkisar antara 1,5-3 juta rupiah.

Tips membeli smartphone baru yang harus kamu tahu

Bukan hanya vendor local seperti Evercoss atau Mito saja yang meramaikan pasar kelas menengah, brand global seperti Samsung, LG, Sony, Nokia, dan HTC juga tak mau ketinggalan dalam persaingan. Ada beberapa perbedaan produk smartphone keluaran merek ternama dan local, diantaranya terletak pada desain smartphone merek ternama yang jauh lebih stylish dan menarik dibanding merek local, prosesor yang digunakan merek ternama menggunakan buatan Qualcomm yang lebih stabil dan tidak cepat panas, sedangkan merek local memakai buatan Mediatek yang lebih terjangkau. Material bahan smartphone merek ternama terbilang cukup bagus dibanding merek local yang biasa saja. Keunggulan merek local adalah, harganya yang jauh lebih murah dari merek ternama.

Baca: Smartphone kelas menengah yang banyak dicari

Agar kamu tidak salah memilih smartphone yang harga dan fitur yang ditawarkan semakin beragam, berikut ada beberapa tipsnya;

  1. tentukan budget maksimal

Gunakan batasan harga paling tinggi untuk dana yang kamu punya. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan prosesor yang lebih tinggi dan kualitas kamera yang lebih bagus dengan sedikit tambahan harga.

  1. pilih prioritas kebutuhanmu

Setiap smartphone pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Tidak mungkin kamu mendapatkan segala kelengkapan dalam satu smartphone. Untuk itu, kamu harus tentukan smartphone dengan fitur yang paling kamu butuhkan dan dijadikan prioritas, apakah itu untuk game, musik, kamera atau akses internetnya.

  1. jangan langsung percaya dengan iming-iming resolusi kamera

Meski banyak smartphone kelas menengah yang menawarkan kamera dengan resolusi tinggi, namun itu belum menjadi jaminan. Kalau bisa coba dulu hasil jepretan kameranya, dan besarkan dalam ukuran sebenarnya untuk mengecek kerapatan gambar dan kualitas warnanya.

  1. cek kelengkapan aksesoris dan ketersediaan service center

Sebaiknya, sebelum membeli smartphone, terlebih dahulu periksa apakah aksesoris seperti casing, hard case, atau headsetnya cukup banyak tersedia dipasaran. Jangan sampai kamu kesulitan mendapatkan aksesoris setelah membeli. Cek pula apakah servis center cukup banyak dan dekat dari tempat tinggal agar mudah memperbaiki jika ada kerusakan.

Itulah beberapa tips sebelum kamu membeli smartphone. Setelah kamu punya, ada baikanya merawat smartphone itu agar tidak cepat rusak atau mudah hang.

Comments on this entry are closed.