Tips Membeli Smartphone Untuk Gaming

by aries on July 6, 2014

Siapa bilang game yang canggih dan berkualitas seperti game sepakbola, balapan mobil, dan lainnya hanya bisa diperoleh dalam versi PC atau Game Console saja? berkat semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, bermain game bagus pun bisa dilakukan dengan smartphone berbasis Android. Game-game yang ditawarkan di Google Play Store ataupun iOS Store kini juga semakin bertambah banyak dan berkualitas.

Jika kamu merupakan maniak game dan tidak bisa melewatkan sehari pun tanpa bermain game, pasti kamu ingin membeli smartphone yang bisa mengakomodir hobi dan kebutuhanmu dalam bermain game, sehingga kamu bisa memainkannya dimanapun, kapanpun kamu ingin dengan nyaman tanpa adanya kendala. Maka dari itu, simak beberapa tips cerdas membeli smartphone gaming berikut ini;

Tips Membeli Smartphone Untuk Gaming

  1. Pilih smartphone dengan Android versi terbaru

Agar kamu bisa menikmati game yang canggih dengan kualitas gambar HD, minimal kamu harus memilih smartphone Android dengan versi diatas 4.0. yakni, mulai versi Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, hingga versi terbaru KitKat.

  1. Usahakan kapasitas RAM nya besar

Agar kamu bisa menjalankan game dengan lancar dan nyaman, kamu harus memilih smartphone dengan kapasitas RAM minimal 768 MB. Syukur-syukur bisa membeli yang berkapasitas 2 GB. Mengapa demikian? karena memori ponsel berfungsi untuk menyimpan game sementara untuk selanjutnya diakses oleh prosesor atau GPU. Jika memorinya terbatas, tentu game akan susah di load dan tidak berjalan lancar.

  1. Baterai smartphone harus awet

Untuk game berteknologi terbaru dengan tampilan HD 3D, biasanya menghabiskan daya baterai dengan sangat cepat. Jika kapasitas baterai standar smartphone dibawah 2000 mAh, ganti dengan baterai yang berkapasitas diatasnya. Atau siapkan selalu Power Bank Changhong, PNY atau merek lainnya untuk jaga-jaga jika kamu kehabisan baterai ditengah-tengah main game.

  1. Pilih prosesor yang handal

Prosesor dengan kinerja gesit sangat diperlukan untuk kelancaran dalam bermain game. Pilih smartphone dengan prosesor setidaknya Dual Core, akan lebih baik lagi jika smartphone Quad Core. Tentu harus didukung dengan kapasitas RAM dan Internal Storage yang besar pula.

  1. Kualitas layar harus tajam dan luas

Jika urusan patokan prosesor, RAM, dan baterai sudah terpenuhi, kualitas layar pun juga tidak kalah pentingnya. Idealnya, layar smartphone untuk gaming adalah berukuran 4,5 inchi ke atas agar kamu bisa bermain game dengan lega. Selain itu, layarnya pun harus beresolusi tinggi agar tampilan grafisnya menarik.

  1. Pilih pengolah grafis yang oke

Berhubung grafis merupakan hal terpenting dalam sebuah game, tentu dibutuhkan system pengolah grafis yang bagus agar game penuh dengan efek dan berjalan lancar. Tegra 3, Mali 400MP, atau Adreno 225 merupakan beberapa contoh pengolah grafis yang sudah cukup baik.

Itulah beberapa tips memilih smartphone untuk game dan jangan lupa baca tips merawat smartphone agar awet dan tidak mudah lag.

Ozi zha ghent February 6, 2016 at 9:57 pm

Kalau layar 4 inci saja apa baik untuk main game?

Aris Ahmad February 7, 2016 at 8:00 pm

Kurang nyaman buat game, dan biasanya 4 inci tidak disertai ram dan prosesor yng gede.

Ozi zha ghent February 22, 2016 at 4:14 pm

Gan,, mau nanya apa apakah android lolipop bisa mindahin game asphalt8, fifa, angry bird, DLL ke memory external kan katax hanya bisa mindahin sebagian aplikasi/game aja?

Comments on this entry are closed.