Tips Membuat Custom Ringtone di Android Lollipop

by Ummy Tsabit on December 14, 2015

Meski Google telah secara resmi meluncurkan Adroid versi terbarunya, yakni Marshmallow 6.0, namun kenyataannya masih banyak pengguna Android yang belum menerima pembaruan tersebut. Bisa dibilang, lebih dari 60 % penggunanya masih terjebak dengan versi Android jadul seperti ICS (Ice Cream Sandwich), Jelly Bean, KitKat, ataupun Lollipop. Bahkan belum banyak pengguna Android yang telah mencicipi versi Android Lollipop. Menurut berita yang dirilis oleh Google pada bulan Juli lalu, menyatakan bahwa pengguna Android yang menggunakan Lollipop baru sebesar 12.4%.

mengatur ringtone lollipop

Perlu kamu ketahui, Lollipop merupakan versi Android yang telah mengalami perbaikan besar-besaran. Hampir segala sesuatunya sangat berbeda dengan Android versi sebelumnya, yakni KitKat. Mulai dari User Interface (UI) hingga manajemen notifikasi, semuanya berubah. Perubahan lain yang mungkin banyak orang  tidak menyadarinya adalah kini kamu tidak bisa menggunakan lagi custom audio file untuk dijadikan sebagai ringtone.

Kalau dulu, kamu bisa melakukannya cukup dengan pergi ke menu Setting > Sound and Vibrate > Ringtones, dan pilih media audio yang ingin kamu jadikan ringtone. Namun jika kamu baru saja membeli ponsel yang berjalan di atas Android Lollipop atau baru saja melakukan update system ke Lollipop, maka kini kamu tidak bisa menemukan pengaturan semacam itu di Lollipop, karena tidak ada opsi untuk menggunakan custom file audio untuk dijadikan sebagai ringtone dari menu setting. Sehingga, kamu hanya bisa sebatas menggunakan beberapa ringtone pra-install yang sudah tersedia.

Jadi, jika kamu ingin mengatur agar lagu favoritmu bisa dijadikan sebagai nada dering untuk panggilan atau SMS yang masuk, maka ikuti langkah-langkah mudah untuk mengatur custom audio file sebagai ringtone berikut ini :

Langkah #1 :

Pertama-tama, kamu memerlukan sebuah file manager atau disebut juga dengan file explorer. Mungkin ponsel milikmu sudah memiliki fitur ini, namun jika ternyata ponselmu menggunakan stock Android, maka tidak akan ada yang namanya file manager. Untuk itu, kamu kamu harus mendownload salah satu aplikasi file manager di Google Play Store. Salah satu opsi yang paling populer adalah ES File Explorer. Atau kamu juga bisa mencoba aplikasi lain seperti Cabinet atau MK File Manager jika hanya sekedar menginginkan fitur file manager dasar seperti copy, paste, move, extraction, dan yang lain.

Langkah #2 :

Pastikan bahwa file audio yang ingin kamu jadikan sebagai ringtone adalah dalam format MP3 dan sudah tersimpan di ponselmu. Jika tidak, maka kamu harus mendownloadnya terlebih dulu dari internet atau mentransfernya dari komputermu.

Langkah #3 :

Lalu, copy atau salin file MP3 tersebut ke direktori ringtone. Untuk bisa mengakses direktori ringtone, pergi ke penyimpanan memori internal ponsel menggunakan file manager dan cari folder “ringtone”. Setelah kamu menemukannya, paste atau tempel file MP3 ke folder tersebut.

Langkah #4 :

Setelah file tersebut sudah berada di direktori ringtone, pergi ke menu “Setting” di ponselmu, lalu ke “Sound and Notification”. Sekarang, tap pada opsi “Phone ringtone” dan cari file yang baru saja kamu kopikan ke direktori ringtone. Filenya akan ada dalam daftar tersebut. Lalu, tap pada file tersebut untuk mengaturnya sebagai ringtone ponsel.

Itu tadi cara mudah membuat custom audio file sebagai ringtone di Android Lollipop. Namun jika kamu mau yang lebih praktis dan cepat, kamu bisa tinggal mendownload aplikasi khusus pembuat ringtone di Google Play Store seperti aplikasi Ringtone Maker atau MP3 Cutter & Ringtone Maker untuk melakukan tugas tersebut.

Comments on this entry are closed.