Tips Memilih Earphone

by Siti Eka Kurniati on October 13, 2015

Sebelum kamu membaca artikel tips di bawah ini. Ada baiknya kamu baca dulu artikel Pebedaan headset headphone earphone backphone dan handsfree agar kamu tidak keliru lagi dengan istilah-istilah tersebut. Earphone atau handsfree merupakan aksesoris yang digunakan untuk mendengarkan music. Earphone sering digunakan untuk mendengarkan music apabila seseorang ada di temppat umum atau sedang berpergian tanpa ingin mengganggu orang-orang di sekitarnya.

tips memilih earphone

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk kamu yang ingin membeli earphone atau handsfree.

Jenis Musik

Jenis music yang sering kamu dengarkan menjadi pertimbangan awal jenis earphone apa yang cocok untukmu apakah warm atau bright. Warm cocok digunakan untuk music yang lembut seperti music klasik, jazz. Output audio earphone jenis warm mengeluarkan jenis suara bass dengan vocal yang lebih pelan. Sedangkan bright cocok bagi kamu yang suka mendengarkan jenis music cadas seperti rock, heavy metal sejenis up beat. Earphone bright mengeluarkan suara yang cenderung treble atau seimbang antara bass dan treble.

Bentuk / Style

Ada 3 jenis bentuk / style yang bisa kamu pilih yaitu over ear, IMF atau earbuds. Over ear adalah jenis perangkat iiutput audio seperti headphone atau headset yang speakernya menutup seluruh telinga. IMF (In Ear Monitor, jenis earphone yang penggunaannya dimasukkan ke dalam telinga, jenis ini akan menyumbat telingamu hingga suara dari luar tidak akan masuk. Earbuds adalah jenis earphone dengan bentuk pipih dengan cara pemakaiannya ditempelkan ke telinga, jenis ini masih memungkinkan suara lain untuk masuk ke dalam telinga.

Spesifikasi

Frekuensi

Semakin besar rentang frekuensi sebuah earphone maka semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan. Misalnya saja 4 Hz – 30.000 Hz, frekuensi tersebut mempunyai rentang yang cukup jauh. Frekuensi kecil menunjukkan suara bass sedangkan yang yang besar adalah suara treble, jadi semakin banyak rentangnya semakin lengkap kualitas audionya.

Impedence

Besar kecilnya sebuah Impedence (hambatan) pada earphone tidar terlalu berpengaruh pada kualitas usara yang dihasilkan oleh earphone. Pemilihan impedence bisa menyesuaikan selera masing-masing. Biasanya earphone miliki hambatan 32 ohm atau lebih besar.

Sensitifitas

Semakin besar sensitifitas yang tertera pada kemasan earphone maka tandanya suara yang dihasilkan juga lebih kencang. Biasanya menggunakan mili watt (mW) atau decibel (db). Tingkat sensitifitas standa yang aman bagi pendengaran adalah kurang dari 85 db.

Comments on this entry are closed.