Tips Memilih Hardisk Eksternal

by Siti Eka Kurniati on September 28, 2015

Selain fdisk, memory card, dan keping disk, sekarang ada hardisk eksternal yang bisa kamu manfaatkan sebagai perangkat eksternal storage. Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya hardisk itu pastinya memiliki kapasitas memory yang besar, bisa mencapai ratusan GB bahkan ada yang mencapai 1 TB (Terabyte). Jadi, tentu saja ketika hardisk ekternal mulai merambah Negara kita, masyarakat menyambutnya dengan antusias. Bisa kamu bayangkan kan, fdisk dengan kapasitas 8 GB seharga kurang lebih 80 ribu berbanding dengan hdd eksternal 1TB dengan harga satu jutaan?

tips membeli hardisk eksternal

Tapi memang semua tergantung pada kebutuhan masing-masing. Jika kamu memang seorang yang tidak terlalu menggantungkan diri pada eksternal storage, flashdisk berkapasitas kecil pun sudah cukup buatmu. Tapi bagi seorang yang suka traveling dan harus membawa pekerjaannya kemana-mana dengan file-file yang berukuran besar, hdd eksternal merupakan sebuah kantung ajaib yang bisa menampung file pekerjaan mereka. Nah, jika kamu tertarik ingin membeli hdd eksternal, simak tips berikut ini sebelum kamu memutuskan untuk membeli hardisk external.

Mac or Pc?

Yang perlu kamu perhatikan benar-benar sebelum kamu membeli hardisk eksternal adalah perangkat yang kamu gunakan itu mac atau pc. Kenapa? Karena format hardisk yang digunakan oleh kedua perangkat ini berbeda. Pc dengan Os Windows biasanya menggunakan hardisk dengan format NTFS sedangkan Mac formatnya adalah HFS+. Meski Mac bisa membaca hardisk berformat NTFS, namun Mac tidak bisa menulis (dalam artian mengedit dan menyimpan) dalam hardisk tersebut.

Kapasitas

Sebenarnya hal ini bisa menyesuaikan pada kebutuhan yang kamu perlukan. Jika kamu hanya ingin menyimpan file gambar dan music serta dokumen yang bisa dibilang tiap filenya berukuran keci, hdd eksternal berkapasitas 500 GB bisa dirasa cukup untukmu. Tapi jika kamu membeli hardisk external untuk keperluan backup data di komputer atau menyimpan file-file besar seperti video, game atau malah kamu yang ingin menyimpan film-film berkualitas HD yang tiap filenya bisa mencapai 1-2 GB lebih. Kamu lebih baik memilih hdd external dengan kapasitas 1TB atau lebih.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.