Tips Memilih Layanan Cloud Storage Terbaik

by aries on September 17, 2014

Sebagai pengganti dari penyimpanan data konvensional, saat ini banyak sekali ditawarkan berbagai penyimpanan data digital yang berbasis komputasi awan alias Cloud. Dengan menyimpan lewat Cloud, kita tidak hanya bisa menyimpan file “diluar” perangkat yang kita gunakan, namun menggunakan Cloud sangatlah aman, praktis, dan efisien.

Kita tidak perlu khawatir data-data penting yang tersimpan akan hilang, lantaran hardisk maupun flash disk yang kita miliki mengalami kerusakan. Kita juga tidak perlu harus repot-repot memindah file ketika kita ganti menggunakan perangkat yang lain. Lewat Cloud, kita bisa bebas mengakses data yang tersimpan dimanapun, kapanpun kita inginkan. Kapasitas penyimpanannya pun jauh lebih besar dengan kapasitas memori smartphone yang kita punyai. Berikut ini akan kami ulas beberapa Cloud Storage terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan:

Tips Memilih Layanan Cloud Storage Terbaik

  1. Onedrive

Penyimpanan awan yang dirancang oleh Microsoft ini sebelumnya sudah berganti nama dari Skydrive, menjadi Onedrive karena adanya masalah terkait hak cipta. Onedrive diklaim Microsoft kini menawarkan beberapa fitur terbaru yang lebih bermanfaat. Aplikasi ini sebenarnya juga bisa digabungkan untuk menjadi bagian dari drive partisi yang ada di perangkat komputasi Anda, sehingga berguna untuk melengkapi drive-drive dalam file explorer menjadi satu kesatuan dan lebih terperinci.

Onedrive bisa digunakan pada perangkat berbasis Windows 8, Windows 8.1, Windows Phone, Android, dan juga iOS. Onedrive juga bisa bekerja dengan aplikasi Microsoft Office, sehingga program seperti Word, Excel, maupun Power Point bisa langsung tersimpan didalamnya. telah tersedia penyimpanan gratis dengan kapasitas sebesar 15 GB, dan 1 TB, khusus bagi pengguna aplikasi kantoran Office 365.

Kelebihan:

Mampu bekerja dengan baik pada perangkat berbasis Windows entah itu pada PC, tablet atau Windows Phone. Sangat mudah untuk diorganisir maupun dilakukan pengeditan secara bersamaan, dimanapun, dan kapanpun kita inginkan.

Kekurangan:

Microsoft memiliki kode etik yang sangat ketat. Maka, jangan harap bisa menyimpan konten-konten khusus dewasa yang Anda miliki (tidak usah dikasih contoh pasti sudah tahu kan..? J). Fitur-fitur terbaru hanya bisa dinikmati pada perangkat berbasis Windows, diluar itu kita tidak bisa menikmatinya

  1. Google Drive

Aplikasi yang sebelumnya dinamai Google Docs ini memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya, seperti pengolahan kata dalam dokumen, membuat spreadsheet dalam excel, ataupun merombak sedikit file presentasi Power Point Anda. Jika sudah memiliki akun Google, maka Google Drive bisa langsung diakses dengan besaran kapasitas penyimpanan 15 GB. Google Drive juga bisa digunakan untuk menyimpan file berupa dokumen, video, foto, file Photoshop, ataupun musik. Anda juga bisa melakukan sinkronisasi secara otomatis atau membuat sistem penyimpanan otomatis ke sistem Cloud-nya langsung dimana saja kita berada. Untuk menyimpan, pengguna tinggal melakukan drag and drop ke dalam system atau aplikasi yang terpasang atau bisa melakukan pengaturan penyimpanan file secara otomatis yang bisa disesuaikan langsung dengan koneksi yang tersedia.

Kelebihan:

Selain menyimpan, Google Drive juga bisa digunakan untuk pengeditan file pekerjaan kantoran yang sudah ada fitur khususnya. Memiliki kapasitas penyimpanan gratis yang besar dan proses sinkronisasinya cukup mudah.

Kekurangan:

Jika kita ingin mendapatkan Google Drive, maka kita harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Cukup merepotkan, karena kita harus memiliki akun Gmail sebelum mendapatkan Cloud ini.

  1. Dropbox

Dropbox merupakan aplikasi penyimpanan awan paling favorit di dunia. Hal ini disebabkan adanya kemudahan dalam pengaturan dan pengguanaan sistemnya. Desainnya pun bersih dan simple, dengan ikon yang menarik. Kita bisa mendapatkannya langsung dari situs berupa aplikasi desktop multi platform. Kita hanya tinggal menyeret (drag) file yang ingin disimpan ke dalam aplikasi Dropbox, dan file akan langsung terkopi dan tersimpan dibalik ‘awan’.

Kelebihan:

Sangat mudah untuk digunakan dan disetting. Kita bisa meng-upload file dengan ukuran sebesar apapun, cukup dibutuhkan koneksi internet yang kencang agar prosesnya cepat. Pengaksesannya juga mudah, karena tersedia dalam bentuk aplikasi ataupun langsung ke situsnya.

Kekurangan:

Kapasitas penyimpanannya sangat terbatas, hanya sekitar 2 GB. Untuk mendapatkan tambahan, kita harus mengajak atau merekomendasikan orang lain untuk menggunakan Dropbox juga.

Comments on this entry are closed.