Tips memotret objek gerak dengan kamera smartphone

by aries on August 10, 2014

Memotret objek yang bergerak memang gampang-gampang susah, dikarenakan ada banyak gerakan secara beruntun sekaligus atau istilahnya continuous shooting atau burst shooting. Namun, jika kita bisa mengabadikannya, tentulah sangat menarik. Misalnya saja kita bisa memotret gerakan orang yang bermain bola basket, mulai dari gerakan merebut bola, melakukan jumping, hingga melesakkan bola ke jaring serta ekspresinya sekaligus. Atau memotret anak kecil yag sedang belajar naik sepeda dan terjatuh.

Tips memotret objek gerak dengan aplikasi Fast Burst Camera

Jika kita memiliki kamera digital, melakukan  continuous shooting tentu sangatlah mudah, karena tersedia fitur khusus untuk merekam banyak adegan sekaligus. Lain halnya jika kita menggunakan kamera smartphone. Tidak semua jenis smartphone memiliki fitur tersebut, apalagi jika memiliki spesifikasi yang rendah. Sekedar catatan, biasanya smartphone yang bagus untuk foto selfie adalah smartphone yang memiliki kamera utama yang handal. Jadi tentunya hasil bidikannya pun bagus.

Tidak perlu risau, karena sudah ada solusinya. Yakni, dengan menambahkan aplikasi khusus untuk merekam banyak adegan berurutan yang bisa digunakan pengguna Android, iPhone, maupun Blackberry. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan pilihan:

Baca juga: Smartphone kamera 8MP, hanya dua jutaan

  1. Ucam Ultra Camera untuk Android

Sebenarnya ada banyak pilihan bagi pengguna Android untuk aplikasi continuous shooting, seperti Fast Burst Camera Lite, Silent Continuous Shooting, Burst Camera, dan masih ada beberapa lagi. Namun, Ucam Ultra Camera termasuk aplikasi yang terbaik dan tercepat dalam merekam gerakan objek secara berurutan. Bukan itu saja, disamping fitur continuous shooting, juga tersedia fitur edit foto, berbagai macam efek, dan hias foto. Untuk menggunakannya, berikut adalah langkah-langkahnya;

  • saat aplikasi aktif, akan muncul beberapa menu seperti yang ada pada kamera digital. tap ikon setting (gambar roda bergerigi) untuk memunculkan menu pengaturan.
  • Setelah itu, pilih menu Picture Setting – Max Burst Setting untuk menentukan jumlah frame foto yang terekam setiap kali pemotretan. Tersedia jumlah 10, 20, 30, 50, hingga 100 frame sekali jepret.
  • Jika hendak memotret, tap tombol shutter kamera, lalu kamu tinggal mengikuti gerakan objek yang bergerak. Akan ada 10 frame yang terekam setiap detiknya, dan terdengar bunyi rentetan shutter.
  • Untuk melihat hasil foto, tap kotak berisi foto disudut kiri bagian bawah, lalu pilih Gallery.
  1. Multi Photo Shots untuk Blackberry

Untuk mendapatkannya, kamu bisa download apliksai ini secara gratis di http://appworld.blackberry.com./web-store/content/127087, namun ada iklannya. Jika ingin membeli, harganya termasuk murah, hanya $1,5 saja. Hasil fotonya pun bisa langsung disebarkan melalui Facebook, Twitter, atau BBM. Cara penggunaannya adalah;

  • atur jumlah frame yang akan dihasilkan dalam sekali pemotretan pada jendela pertama aplikasi dalam menu “Frame per second”.
  • semakin banyak jumlah frame yang kamu pilih, maka semakin cepat pula proses pemotretan. Sebagai penanda bahwa foto sudah mulai direkam, centang tanda ‘vibrate on each take’.
  • Klik menu ‘Take picture’. Saat kamera sudah aktif, klik tombol utama BB lalu arahkan ke objek bergerak yang ingin dipotret. Tekan tombol ‘Back’ agar foto hasil jepretanmu bisa tersimpan.
  1. Best Shot Lite untuk iPhone

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Namun, jika kamu ingin aplikais yang lebih bagus lagi, maka carilah aplikasi yang berbayar dengan memakai kata kunci Continuous Shootine, atau Burst Shooting di Apps Store. Cara penggunaannya adalah:

  • saat dijalankan, akan muncul informasi interval perekaman continuous shooting untuk memulai membidik objek bergerak setelah kamu men-tap ‘stand by’.
  • Untuk mulai merekam, klik ikon kamera. Selama proses perekaman, slider foto akan berjalan dari kiri ke kanan. Jika sudah selesai, simpan dengan men-tap menu ‘Done’.

Comments on this entry are closed.