Tips Menghindari Radiasi Monitor

by Siti Eka Kurniati on November 1, 2015

Bagi kamu yang bekerja dengan komputer setiap hari, tahukah bahwa radiasi yang dikeluarkan oleh monitor bisa merusak matamu? Memang, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi monitor perkembang sangat pesat dan mampu meminimalisir radiasi yang dikeluarkan. Tapi hal tersebut tidak serta merta menghilangkan secara penuh radiasi yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Radiasi dari monitor memang tidak mengandung radioaktif tapi monitor menghasilkan radiasi elektromagnetik (seperti pada microwave), ultraviolet dan sinar X.

mencegah radiasi komputer

Efek jangka pendek dari radiasi layar monitor mungkin hanya akan menyebabkan matamu cepat lelah atau mata memerah. Namun, dalam jangka 15 sampai 20 tahun ke depan bisa menyebabkan matamu rabun, katarak bahkan epilepsi. Jadi bagaimana cara mengatasi radiasi dari layar monitor? Berikut ini ada tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjaga matamu tetap sehat dan terhindar dari radiasi yang dipancarkan oleh monitor.

  • Sekarang sudah ada teknologi LCD (Liquid Crystal Display) atau juga plasma yang diterapkan pada monitor komputer. Monitor jenis ini memproduksi radiasi jauh lebih sedikit dibanding monitor jenis lain.
  • Gunakanlah filter layar. Filter layar akan membantumu mengurangi pancaran radiasi.
  • Saat bekerja dengan komputer, usahakan jarak minimal antara mata dengan monitor adalah 45 cm.
  • Letakkan monitor pada posisi yang tepat yaitu sejajar dengan pandangan kita. Tidak lebih tinggi atau lebih rendah. Ini juga untuk menghindari leher kita menjadi pegal karena terlalu lama menunduk atau mendongakkan kepala. (baca : tips bekerja di depan komputer)
  • Saat harus bekerja di depan monitor dalam jangka waktu yang lama. Usahakan tiap 30 atau 45 menit sekali untuk mengistirahatkan mata kamu selama 5 menit saja. Kamu bisa memandang tumbuhan hijau atau juga memandang obyek dengan jarak yang jauh. Ini untuk melatih  kelenturan otot mata.
  • Tanpa kita sadari, bekerja di depan monitor membuat kita lebih jarang berkedip dan menyebabkan mata kita cepat kering. Untuk itu berkediplah sesering mungkin agar mata tidak kering dan mengalami iritasi.
  • Sesuaikan kalibrasi kecerahan layar monitor agar tidak terlalu cerah atau tidak terlalu redup. Juga atur cahaya pada ruang dimana kamu bekerja dengan komputer, jangan bekerja pada ruangan yang terlalu gelap atau redup.
  • Gerak-gerakkan mata kamu sesekali, dengan gerakan memutar searah arah jarum jam atau sebaliknya (putar ke kanan dan ke kiri, tapi jangan kamu julingkan yee… hehe) hal ini juga untuk meregangkan otot matamu
  • Makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan tomat untuk menjaga kesehatan matamu.
  • Apabila matamu terasa lelah, kompres mata dengan kain yang telah direndam dengan air hangat. Atau kamu juga bisa memanfaatkan timun untuk mengompres matamu.
  • Tidur atau istirahat selama 8 jam secara teratur. Hal ini bukan hanya bagus untuk mata tetapi juga untuk kesegaran tubuh.
  • Periksalah mata secara rutin meski kamu tidak mengalami sakit pada matamu secara rutin setengah tahun sekali.

Comments on this entry are closed.