Tips Mengoptimalkan RAM Xiaomi RedMi 1S

by aries on April 8, 2015

Apakah kamu salah satu pengguna dari Xiaomi RedMi 1S? produk besutan vendor asal Tiongkok ini, lumayan sukses dan laris manis di pasar Indonesia. Ini berkat kualitas dan spesifikasi dari smartphone ini tergolong bagus, dan harganya juga murah. Namun, meski spek yang ditawarkan cukup mumpuni, beberapa pengguna merasa smartphone ini masih kurang optimal dari segi RAM-nya. Untuk mengoptimalkan kinerja dari RAM Xiaomi RedMi 1S, simak langkah-langkahnya berikut ini:

mengoptimalkan RAM Xiaomi RedMi 1S

Mengoptimalkan kinerja RAM Xiaomi RedMi 1S tanpa Rooting
Jika kamu tidak mau resiko melakukan rooting pada smartphone Xiaomi RedMi 1S milikmu, maka gunakan trik simple berikut ini :

1. Jangan gunakan gambar animasi atau live wallpaper MIUI pada layar
Memang dengan menggunakan animasi pada layar, bisa mempercantik tampilan layar Androidmu. Namun, dengan penggunaan live wallpaper atau animasi, kebutuhan RAM perangkat Androidmu bisa semakin membengkak. Bahkan, beberapa aplikasi atau game pun akan menjadi terhambat karena ruang kosong RAM sudah keburu digunakan untuk keperluan animasi layar ini.

2. Nonaktifkan jaringan data dan background service untuk menambah ruang RAM
Aktivitas background dan sinkronisasi aplikasi otomatis akan sangat banyak memakan kapasitas RAM. Saat butuh RAM yang besar, nonaktifkan aktivitas ini dengan cara menggunakan mode Pesawat Terbang.

3. Update Software
Dengan melakukan update software terbaru, kamu bisa meningkatkan kinerja dari Xiaomi RedMi 1S. diantaranya adalah adanya solusi untuk mengatasi masalah panas dan peningkatan performa RAM yang lebih baik. Untuk mengecek apakah ada pembaruan yang tersedia, kamu bisa memeriksanya pada pilihan About Phone.

Mengoptimalkan kinerja RAM dengan cara ROOTING
Seperti pada proses rooting yang lain, rooting pada Xiaomi RedMi 1S juga memilki resiko. Karena itu, sebelum melakukannya, pikirkan terlebih dahulu dengan masak-masak. Setelah itu baru lakukan proses rooting yang sudah pernah diulas pada artikel ‘Cara Me-root Android dengan Kingo Root’, atau dengan cara mengunduh file.zip RootNative Redmi1S yang bisa kamu unduh di tautan : http://goo.gl/2jTXDW lalu simpan di memori internal dengan nama “update.zip”. Setelah itu, masuk ke Setting > About Phone, lalu tekan Android version sebanyak lima kali. Ini diperlukan agar bisa masuk ke Developer mode. Setelah itu lakukan reboot/ restart Xiaomi RedMi 1S, dan pilih bahasa Inggris saat masuk mode MI-Recovery. Setelah itu, baru pilih menu ‘Install update.zip” dan lakukan reboot lagi. Perlu kamu ingat, agar aplikasi yang berjalan dengan cara root bisa digunakan, maka aktifkan “Root Permission” yang bisa kamu atur di setting Security, lalu pilih Permission.

Install Aplikasi Pendukung
Setelah proses root selesai, install aplikasi-aplikasi pendukung seperti Busy Box, MinFreeManager, init.d toggler, dan Root Manager untuk bisa mengoptimalkan RAM. Kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store, atau dengan mendownload link berikut ini: Busy Box=[http://goo.gl/WW9mBC], init.d toggler=[http:goo.gl/lhLdRH], MinFreeManager=[http://goo.gl/orlKlf], dan Root Manager=[http:goo.gl/EFnm9x].

Proses Pengoptimalan
Setelah semua selesai, langkah selanjutnya adalah menginstall Busy Box, lalu jalankan aplikasi init.d toggler dengan cara Enable option. Jalankan pula MineFreeManager, lalu pilih Xiaomi RedMi 1S, lalu pilih Preset, kemudian Mild, dan pilih Apply.
Setelah itu, masuk ke bagian direktori / system / etc / init.qcom.post_boot.sh. agar bisa masuk, maka gunakan Root Manager. Setelah masuk ke direktori tersebut, tambahkan pada bagian paling bawah kode berikut ini : /system/xbin/busybox run-parts/system/etc/init.

Peringatan : sebenarnya, langkah pengoptimalan dengan cara Root kurang baik. Karena, kabarnya system operasi MIUI versi selanjutnya akan hadir dengan fitur perbaikan manajemen RAM. Pasalnya, bila Xiaomi RedMi 1S sudah di ROOT, maka system operasi tersebut tidak akan diizinkan melakukan update ke system terbaru. Jadi, lebih baik pilih metode yang aman saja.

Comments on this entry are closed.