Tips Meningkatkan Kualitas Audio Android

by Ummy Tsabit on June 10, 2016

Tidak semua smartphone hadir dengan kualitas audio yang mumpuni. Jika kamu merasa kualitas speaker atau tingkat volume smartphone milikmu kurang nendang dan bertenaga, maka ada beberapa tips jitu untuk meningkatkan kualitas suara dan menaikkan volume di Android sebagai berikut:

audio android

Periksa settingan audio

Kamu bisa mengoptimalkan pengalaman audio Android melalui menu Setting. Tidak semua UI Android memiliki pengaturan lengkap tentang audio, jadi ini tidak akan bekerja untuk setiap orang. Jika ponselmu memiliki pengaturan ini, maka prosedurnya sangatlah mudah. Dan ketika kamu sudah melakukannya untuk pertama kalinya, maka kamu akan dapat dengan cepat bisa meningkatkan pengaturan audio di masa mendatang.

Bagi pemilik perangkat Samsung dengan UI Touch Wiz nya, maka pergilah ke menu ke Settings dan tekan Audio (suara). Dari sana tekan Audio Setting (Pengaturan audio). Disana nanti kamu akan memiliki serangkaian pilihan untuk meningkatkan pengalaman audiomu. Sedangkan pengguna Xiaomi, ada MIUI yang memiliki enhancer khusus untuk headphone. Kamu tinggal menyalakannya dan silahkan pilih tipe audio apa yang ingin kamu gunakan. Ada pilihan antara in-ear headphone dan normal headphone.

Sony juga menyediakan Xperia UI yang akan memungkinkanmu untuk menggunakan pengaturan ClearAudio dan memiliki equalizer sendiri. Kamu bisa mengaturnya melalui menu setting. Untuk HTC, kamu bisa menyalakan BoomSound di Sense UI dan sebaiknya jangan sampai kamu mematikannya, karena nanti audionya akan parah kalau tanpa BoomSound menyala. Namun sayang bagi pengguna Stock Android, Optimus (UI LG), dan Oxygen (UI One Plus), maka kamu tidak bisa mengoptimalkan settingan audionya karena tidak tersedia setting khusus Audio.

Gunakan aplikasi musik yang lebih baik

Kamu juga memiliki pilihan alternatif untuk menggantikan aplikasi musik bawaan ponsel agar bisa lebih mengendalikan kualitas audio. Ada banyak sekali aplikasi musik pilihan yang tersedia di Google Play Store. Dan salah satu yang terbaik adalah Poweramp atau Equalizer +. Keduanya dilengkapi dengan berbagai tweak audio, preset, bass boost dan masih banyak lagi. Aplikasi Equalizer+ juga menyediakan EQ lima band, sementara Poweramp menawarkan EQ 10 band. Meski kamu harus mengeluarkan biaya jika ingin mendapatkan semua fitur terbaik dari kedua aplikasi tersebut, namun setelah kamu melakukannya, kamu tidak akan menyesal.

Gunakan EQ

Control audio di sebagian besar ponsel Android, terkecuali ponsel Sony dan One Plus 2, tidak benar-benar komprehensif. Beberapa diantaranya menyertakan EQ dasar tetapi seringkali hanya bekerja dalam aplikasi musik standar dan tidak memberikan kontrol atas audio yang tidak dimainkan melalui pemutar musik. Jadi, lebih baik pergilah ke Play Store dan carilah EQ yang layak. Salah satu pilihan EQ terbaik adalah Music Volume EQ dan Bass Booster.

Ketahui letak speakermu

Memang ini kelihatannya konyol, namun hal pertama yang perlu kamu tahu tentang ponselmu adalah dimana letak sumber suara dari ponsel. Banyak ponsel yang memiliki lubang speaker ganda, namun seringkali hanya satu saja yang memproduksi suara. Dan jika speaker ponselmu terhalangi, maka kualitas suaranya akan rendah dan tidak maksimal.

Periksa dari mana suara ponselmu berasal dengan memainkan beberapa lagu dan menutupi beragam lubang yang ada di ponsel hingga kamu benar-benar tahu dari mana audionya berasal. Setelah kamu mengetahui apakah speaker ponselmu berada di depan, bagian bawah ponsel, atau di belakang, maka kamu dapat membuat keputusan yang lebih cerdas tentang bagaimana cara memposisikan smartphonemu untuk memberikan speaker kesempatan terbaik untuk beraksi. Jangan menghalangi mereka ketika memegang ponsel (yang menjadi kesalahan umum ketika bermain game dengan ponsel yang letak speakernya ada di bawah) dan hadapkan speaker ke arah mu, tidak menjauh darimu.

Cek apakah casing ponsel menghalangi speaker

Jika ponselmu menggunakan casing pelindung atau flip cover, maka itu juga bisa mempengaruhi kualitas suara yang kamu dapatkan dari speaker.  Semua getaran yang datang dari dalam ponsel akan teredam oleh lapisan plastic tambahan atau karet yang tidak akan diperhitungkan oleh produsen ponsel saat mendesain system speaker.

Tidak semua pembuat casing ponsel memahami tentang seluk beluk ponselmu. Beberapa casing ponsel akan menghalangi bagian penting dari ponsel seperti audio jack, mikrofon, atau speaker. Jadi, sebelum kamu membeli casing maka pastikan bahwa kamu sudah memeriksa apakah casing itu akan menghalangi sesuatu atau tidak.

Gunakan headphone

Fakta sederhana adalah bahwa kebanyakan speaker smartphone memang tidak cukup bagus untuk mendapatkan kualitas suara yang layak, bahkan dengan bantuan aplikasi musik mewah atau EQ sekalipun. Di sinilah sepasang headphone yang mumpuni dapat membantu (beberapa pengaturan audio di ponsel bahkan tidak akan bekerja tanpa headphone terpasang ). Cobalah gunakanlah salah satu produk headphone yang terbaik dan lihat seberapa banyak perbedaan yang dibuat oleh satu set headphone berkualitas pada audio smartphonemu.

Naikkan volume speakermu

Jika kamu melakukan root pada ponselmu, maka ada banyak sekali opsi aplikasi di luaran sana yang mampu melewati batas maksimal volume sistem Android hanya dengan beberapa tweak sederhana. Namun jika kamu enggan untuk me-root ponselmu, maka masih ada beberapa trik untuk mengakali agar volumenya bisa terdengar lebih keras.

Cobalah pelajari sedikit tentang sound waves (gelombang suara). Jika kamu memposisikan ponselmu di sudut ruangan dan menghadapkan speaker ke ssudut tersebut, maka kamu akan mendapatkan suara yang lebih keras dan berasa bassnya dibandingkan jika kamu hanya menhadpakan ponsel ke ruangan. Logika yang sama juga berlaku untuk benda apapun : letakkan ponselmu dalam sebuah kotak yang berlawanan ke dalam sebuah gelas atau mangkok kosong dan kamu akan takjub untuk mendengar seberapa lebih keras spekaermu tiba-tiba.

Comments on this entry are closed.