Tips Merawat baterai Laptop Agar Tetap Awet

by Siti Eka Kurniati on October 23, 2015

Laptop merupakan salah satu gadget yang digandrungi kalangan pengusaha maupun pebisnis juga mahasiswa. Laptop yang compatible dibawa kemana-mana, praktis dan mudah dipakai hingga memudahkan kita untuk tetap bekerja meski kita tidak sedang berada di ruang kerja kita. Hal itu didukung karena adanya baterai laptop yang menyokong agar laptop bisa bekerja.

tips membuat baterai laptope atau notebook tetap awet

Masa baterai yang tidak lama, jadi kita harus pintar-pintar merawat baterai laptip agar tetap awet. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar baterai laptop kita tetap awet dan tidak cepat rusak? Simak tipsnya berikut ini.

  • Jika kamu baru saja membeli notebook atau laptop,  charge lah laptop tersebut selama kurang lebih antara 4 sampai 8 jam sebelum dioperasikan.
  • Jangan memakai / menghidupkan laptop hingga baterai terkuras habis hingga 0%. Jika laptop atau notebook sudah memunculkan balon peringatan baterai yang telah menipis / limit, segera simpan pekerjaanmu lalu matikan laptop atau notebook dan kemudian charge baterai sampai penuh baru bisa kamu pakai kembali.
  • Laptop atau notebook memang diproduksi guna memenuhi pekerjaan ringan seperti mengetik, browsing, dan pekerjaan ringan lainnya bukan seperti gaming atau pekerjaan grafis. Jadi jika kamu ingin membeli laptop untuk gaming atau bekerja di bidang grafis sebaiknya kamu memilih laptop atau notebook dengan spesifikasi khusus. Baca : Tips memilih laptop untuk desain grafis
  • Jika lampu indicator sudah menunjukkan bahwa baterai telah penuh saat di charge, segera hentikan pengisian daya baterai.
  • Jangan mengoperasikan laptop saat sedang dicharge. Tunggu sampai baterai terisi daya dengan penih baru kemudian kamu bisa menggunakan kembali
  • Kurangi kecerahan layar. Selain untuk menghemat daya baterai, langkah ini juga baik untuk kesehatan matamu saat bekerja dengan di depan monitor.
  • Nonaktifkanlah screensaver. Screensaver merupakan salah satu fitur ang boros baterai juga. Hal ini karena screensaver bekerja seperti memutar video secara continue pada saat kita tidak sedang menggunakan laptop atau notebook.
  • Nonaktifkan program startup yang tidak diperlukan atau aplikasi yang tidak digunakan. Semakin sedikit aplikasi yang dijalankan maka bateraimu akan tetap awet.
  • Cek konfigurasi batera laptop yang kamu gunakan. Atur waktu sleep dengan tepat dan waktu yang singkat supaya apabila kamu meninggalkan pekerjaanmu laptop atau notebook akan segera berpindah ke mode sleep.
  • Jika kamu sedang bekerja dan sedang tidak membutuhkan internet maka lebih baik kamu mematikan koneksi internetmu baik itu melalui LAN atau WiFi. Matikan juga fitur Bluetooth apabila kamu sedang tidak benar-benar menggunakannya. Ini sama seperti Menghemat baterai smartphone karena fitur tersebut akan menguras baterai.

Nah itu dia tadi beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keawetan daya baterai laptop serta merawat baterai laptop.

Comments on this entry are closed.