Tips Merawat Laptop

by Siti Eka Kurniati on October 19, 2015

Laptop atau notebook merupakan gadget yang hampir dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Harga terjangkau yang ditawarkan oleh berbagai vendor membuat masyarakat kita berlomba membeli gadget yang satu ini. Entah untuk mengerjakan skripsi, membangun bisnis, dll.

Merawat Laptop dan Notebook

Laptop yang sering di bawa kemana-mana membuat laptop rawan rusak dan kotor. Untuk menjaga agar laptopmu tetap awet dan tidak cepat rusak, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Tas Khusus

Laptop atau notebook memang gadget yang mungkin sering dibawa kemana-mana, untuk itu, perlu tas khusus agar laptop atau notebook milikmu tetap aman. Tas laptop biasanya memiliki bantalah yang akan melindungi perangkat dari benturan. Juga jangan taruh laptop ke dalam tas yang bersandingan dengan benda-benda lain seperti buku, alat tulis, smartphone dan yang lainnya.

Makanan dan Minuman

Jangan menaruh makanan atau minuman di dekat laptop. Hal ini guna menghindari resiko makanan yang akan mengotori laptop atau minuman yang bisa saja tumpah dan merusak laptopmu. Air bisa merusak hardware laptop karena bisa menyebabkan korslet jika bersentuhan dengan aliran listrik.

Kasur

Jangan menggunakan laptop di atas kasur atau bantal. Barang-barang tersebut bisa menyumbat lubang sirkulasi laptop atau notebook. Hal ini bisa menyebabkan laptop mengalami overheating.

Mematikan Sesuai Prosedur

Mematikan gadget baik itu laptop, notebook, pc, smartphone haruslah sesuai prosedur. Kadang ada beberapa orang yang mematikan laptop atau notebook mereka secara paksa dengan langsung menekan dan menahan tombol power laptop. Matikanlah laptop atau notebook sesuai prosedur yaitu melalui tombol shutdown di restart

Retsart & Shutdown

Laptop atau notebook memang memiliki fitur hibernate atau hibernasi yaitu mematikan komputer dengan masih menyimpan aplikasi yang sedang running. Jadi apabila kamu menyalakan kembali laptopmu dengan menggunakan menampilkan program yang terakhir kali kamu gunakan. Hibernate memang akan sangat bermanfaat untuk efisiensi waktu, tetapi hal ini akan berdampak buruk bagi laptop apabila dilakukan secara terus menerus. Restartlah sesekali laptop atau notebook kalian atau shutdown sesekali.

Bersihkan Debu

Jika kamu tidak rajin membersihkan debu yang ada di perangkat laptop, bisa jadi debu tersebut menyelinap masuk ke dalam laptop dan akan berkumpul dan menumpuk di dalam perangkat. Hal ini bisa menghalangi sirkulasi udara bahkan bisa juga membuat korslet pada pcb di dalamnya. Biasanya debu bisa masuk melalui saluran sirkulasi udara dan dari sela-sela keyboard (baca : cara membersihkan keyboard dan notebook)

Terlalu Lama Digunakan

Jangan memakai terlalu lama laptop. Tentukanlah durasi waktu kerjamu, jika kamu terpaksa menggunakan laptop atau notebook dalam periode yang lama maka sesekali kamu harus restart laptop. Ini dilakukan untuk menghindari overheating.

Menggunakan di Bawah Sinar Matahari

Beberapa komponen terbuat dari bahan yang rentan terhadap sinar matahari. Jadi sebaiknya kamu menghindari penggunaan laptop tepat di cahaya matahari langsung.

Magnet

Jauhkanlah benda-benda yang bermuatan magnet karena bisa merusak perangkat laptop. Apalagi seperti batu magnet yang mengandung daya magnet sangat besar.

Itu dia tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop atau notebook milikmu. Baca juga : Cara Merawat Smartphone Supaya Awet

Comments on this entry are closed.