Tips Mudah Menghemat Baterai Saat Main Pokemon Go

by Yaniar Asmara on August 21, 2016

Saat ini memainkan game Pokemon Go bisa dijadikan hobi baru bagi banyak orang. Keseruan permainan ini membuat pemainnya betah berlama-lama menggenggam ponsel mereka sambil berkeliling kesana kemari.

Tips Mudah Menghemat Baterai Saat Main Pokemon Go

Namun, keasyikan memainkan game ini bisa terhenti ketika kita menyadari bahwa baterai ponsel sudah terkuras habis. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi di tengah keseruan memainkan game ini bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini tips mudah menghemat baterai saat main Pokemon Go yang bisa Anda terapkan agar bisa memainkan game ini lebih lama.

  • 1.    Mengaktifkan Fitur Battery Saver Pokemon Go

Game Pokemon Go memiliki fitur built in battery saver untuk menghemat konsumsi baterai. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menekan pokeball lalu pilih menu settings di sebelah kanan atas kemudian klik enable modus battery saver.

Ketika modus battery saver ini aktif, layar ponsel akan meredup secara otomatis jika smartphone dibalik atau dimiringkan.

  • 2.    Mengaktifkan Modus Penghemat Baterai Smartphone

Selain mengaktifkan fitur battery saver pada aplikasi Pokemon Go, Anda juga bisa mengaktifkan modus penghemat baterai pada smartphone. Anda bisa  melakukannya dengan cara masuk ke menu settings, pilih battery kemudian aktifkan battery saver.

  • 3.    Mematikan Modus Augmented Reality (AR)

Tips mudah menghemat baterai saat main Pokemon Go selanjutnya yakni mematikan modus Augmented Reality (AR). Ketika menonaktifkan modus AR ini, kamera akan  dinonaktifkan dan tampilan dunia nyata akan diganti dengan background blander.

Anda bisa menonaktifkan modus AR dengan cara menekan tombol AR di sudut kanan atas layar ketika Anda bertemu dengan pokemon.

  • 4.    Mengurangi Kecerahan Layar Smartphone

Cara lain untuk menghemat baterai saat memainkan Pokemon Go adalah mengurangi kecerahan layar smartphone. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa menambah daya tahan baterai hingga 3 jam.

Anda bisa melakukan cara ini dengan memilih menu settings, kemudian pilih displays, atur kecerahan layar sesuai keinginan. Cara ini bisa Anda lakukan tidak hanya saat memainkan game Pokemon Go saja tapi juga untuk aplikasi yang lain.

  • 5.    Nonaktifkan fitur Efek Suara, Musik dan Getaran

Dengan menonaktifkan fitur efek suara, musik dan getaran saat memainkan game ini, daya baterai juga bisa bertahan lebih lama. Selain itu, orang-orang di sekitar Anda tidak terganggu karena suara dari game ini.

Untuk menonaktifkan fitur-fitur ini, Anda bisa menekan pokeball, pilih menu settings di sebelah kanan atas kemudian nonaktifkan efek suara, musik dan getaran.

  • 6.    Menggunakan Suplai Daya Tambahan

Tips mudah menghemat baterai saat main Pokemon Go selanjutnya adalah selalu membawa suplai daya tambahan seperti powerbank atau baterai cadangan.

Game Pokemon Go membutuhkan koneksi internet yang cepat, GPS yang selalu aktif serta kamera yang selalu dalam keadaan On agar bisa menampilkan pokemon di lokasi nyata. Tentu saja hal ini menyebabkan daya baterai smartphone menjadi lebih cepat habis.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu menyiapkan powerbank khusus Pokemon GO atau baterai cadangan di dekat Anda ketika memainkan game ini. Powerbank yang Anda pilih setidaknya berkapasitas 10.000 mAh agar bisa lebih tahan lama saat digunakan. Sedangkan baterai cadangan yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan tipe smartphone yang Anda pakai.

Itulah beberapa tips mudah menghemat baterai saat main Pokemon Go yang bisa Anda terapkan agar baterai smartphone Anda lebih tahan lama dan aktivitas memainkan game ini bisa berlangsung tanpa gangguan. Selamat bermain

Comments on this entry are closed.