Tips Mudik Lebaran Tenang Bersama Gadget Tersayang

by aries on July 25, 2014

Semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri kali ini, membuat semua orang larut dalam suka cita. Tak terkecuali bagi mereka yang akan mudik ke kampung halaman untuk bersilaturrahim dengan keluarga tercinta. Berbagai jenis transportasi digunakan untuk sarana mudik, mulai dari kereta api, bus, pesawat terbang, kapal laut, motor, hingga mobil pribadi.

Tips Mudik Lebaran Tenang Bersama Gadget Tersayang

Gadget seperti smartphone, tablet, ataupun kamera digital menjadi perlengkapan wajib selama mudik untuk berkomunikasi dengan saudara atau teman, mengusir kepenatan di kala macet, atau sebagai alat navigasi di tempat yang baru dilalui. Agar mudik Anda bisa berjalan lancar dan aman selama perjalanan, berikut ini adalah beberapa tips mudik aman dengan membawa gadget:

  • Hanya bawa gadget sesuai keperluan saja

Jika Anda memiliki beberapa jenis gadget, usahakan hanya membawa gadget yang paling lengkap fiturnya, paling ringan dan praktis penggunaannya. Hal ini lebih efisien daripada harus membawa tablet, notebook, atau kamera digital secara bersamaan. Bawa juga power bank sebagai alat cadangan saat baterai mulai menipis.

  • Gunakan aplikasi navigasi selama perjalanan

Padatnya arus mudik, kerap kali menimbulkan kemacetan panjang, sehingga akan memperpanjang perjalanan dan membuat kita jenuh. Solusinya, gunakan Google Maps atau aplikasi navigasi unggulan lain untuk memandu Anda mencari jalur alternatif yang tidak terlalu padat agar bisa mempersingkat perjalanan. Untuk Google Maps, caranya sangat mudah sekali. Anda tinggal mengetik alamat rumah Anda, lalu pilih tujuan mudik, misalnya Surabaya. Maka, secara otomatis akan ditampilkan rute perjalanan dan jarak tempuhnya. Ada juga pilihan rute alternatif yang bisa digunakan saat jalur utama mengalami macet.

  • Gunakan aplikasi prakiraan cuaca

Tidak kalah penting dengan aplikasi navigasi adalah aplikasi ramalan cuaca, apalagi buat pengendara sepeda motor. Dengan aplikasi ini kamu bisa memilih mudik pada hari di mana cuaca sedang dalam keadaan cerah.

  • Pasang car holder untuk memudahkan proses navigasi

Agar kita tidak kerepotan saat membawa gadget sambil melihat panduan navigasi GPS di dalam mobil, gunakanlah car holder untuk meletakkan gadget. Anda bisa meletakkna car holder disamping kaca mobil untuk memudahkan melihat aplikasi navigasi.

  • Gunakan aplikasi ‘anti pencuri’

Kondisi arus mudik yang padat dan rawan tindak kriminilitas, membuat kita harus berhati-hati dan waspada dengan gadget yang kita bawa. Terutama saat kita menggunakan transportasi umum. Untuk itu, pasanglah aplikasi ‘anti-thief’ agar kita masih bisa menelusuri keberadaan gadget saat dicuri dan bisa mengamankan data-data yang ada didalamnya.

  • Selalu cek kondisi baterai

Selama mudik, apalagi jarak tempuhnya jauh, tentu kita tidak ingin gadget kita tiba-tiba mati. Bisa-bisa kita bosan dan jenuh selama perjalanan. Untuk mencegahnya, berikut trik agar baterai bisa bertahan lama:

  1. matikan gadget saat Anda tidur
  2. bawa power bank
  3. matikan fitur-fitur yang tidak terlalu penting seperti Bluetooth, WiFi, atau NFC
  4. tutup aplikasi yang menyita kapasitas RAM seperti Facebook, BBM, atu Twitter.
  5. kurangi tingkat kecerahan layar

Demikian adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan agar mudik terasa nyaman dan tenang. Semoga selamat sampai tujuan dan SELAMAT MERAYAKAN LEBARAN..!

Comments on this entry are closed.