Tips Optimalkan Kinerja RAM Smartphone Android

by aries on July 14, 2014

Bagi kamu yang memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah, terutama kapasitas RAM-nya yang terbatas (hanya 512 MB atau 768 MB misalnya), tentu merasa serba salah saat menggunakannya untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau main game. Ruang gerak kita akan terbatas, dan biasanya terkendala saat akan membuka aplikasi tertentu, atau terjadi lag saat main game berskala berat.

Baca: Cara agar smartphone awet & tidak mudah lag

Daripada kamu harus mengorbankan smartphone yang ada dan terpaksa membeli yang baru, mending kamu coba beberapa aplikasi berikut ini untuk mengoptimalkan kinerja RAM yang ada. Aplikasi tersebut menawarkan kemudahan untuk mengoptimalkan RAM, dan bisa didapatkan melalui Google Play Store. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Tips Optimalkan Kinerja RAM Smartphone Android

  1. Auto Killer Memory Optimizer

Aplikasi AMO ini khusus diperuntukkan bagi smartphone yang sudah di-root. Caranya, buka AMO, dan pada halaman depan, tekan Change pada System default, dan ganti dengan pilihan Ultimate. Setelah itu, kembalilah ke halaman depan, pilih menu Tweaks & Tools, lalu pilih Settings dan kamu akan berada pada jendela System Tweaks. Disini, centanglah semua pilihan yang ada kecuali Apply on boot. Tekan tombol ‘back’, lalu beri centang pada Apply setting on boot, Enable advanced mode, dan Enable kill on click.

  1. Smart RAM Booster

Keuntungan dari aplikasi ini, bisa digunakan pada smartphone yang belum di root, sehingga sangat praktis bagi kamu yang masih awam akan Android. Tampilannya pun sangat mudah dan jelas. Jalankan aplikasi, lalu pilih Grant guna mendapatkan akses Super user. jika kamu ingin yang cepat dan instant, pilih Boost Now, sehingga aplikasi akan secara otomatis menjalankan proses pengoptimalan sesuai standar. Untuk mengubah settingan standar default, masuklah ke menu Setting, pilih RAM Boost dan tentukan Boost Level sesuai dengan keinginanmu. Pilih juga Boost Automatically dan masukkan jumlah RAM sesuai keinginan.

  1. RAM Manager

Cara kerja dari RAM Manager adalah memanfaatkan ruang kosong dari SD card. Jadi, semakin besar kapsitas ruang yang tidak terpakai, semakin besar pula ruang virtual RAM yang bisa kamu buat. Sebelumnya, pasang lebih dahulu aplikasi pendukungnya, yakni Busy Box. Jalankan Busy Box, dan pilih Grant untuk mengisi kolom Super user. lalu pilih Install, tunggu hingga selesai. Keluarlah dari Busy Box dan baru jalankan RAM Manager. Untuk versi yang gratisan, kamu hanya bisa menggunakan pilihan Custom. Tentukan kapasitas memori sesuai keinginan, lalu klik Confirm untuk mengakhiri. Kembali lagi ke menu awal, centang pada pilihan Set on Boot, lalu tekan swap file. Klik Disable dan akan ditampilkan pilihan virtual RAM, tentukan sesuai keinginan. Klik Confirm untuk mengakhiri.

Catatan

Untuk memastikan bahwa ada perubahan kinerja RAM, Restart Android kamu, lalu lakukan uji benchmarking menggunakan AnTuTu Benchmark untuk melihat peningkatan kinerjanya.

Comments on this entry are closed.