Tips & Trik BBM Lengkap

by Ummy Tsabit on August 30, 2015

Kesuksesan hadirnya Blackberry Messenger alias BBM untuk platform Android akhir-akhir ini sudah tak bisa terbantahkan lagi. BBM seolah menjadi salah satu aplikasi instant messaging yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna smartphone Android. Meski begitu, bagi para pengguna yang baru saja membuat akun BBM baru di Android, tentu masih agak kebingungan sebab aplikasi ini memiliki beberapa pengaturan yang sedikit berbeda. Saat pertama kali kamu membuka BBM, kamu mungkin akan bingung dengan tampilan layoutnya. Sebenarnya sih tak terlalu sulit untuk menanyakannya ke orang-orang disekitarmu, namun itu akan membuatmu malu bukan? Masak hari gini belum tahu tentang BBM sih? Jadul banget, hehehe. Agar kamu gak bingung dalam menggunakan BBM, dan tetap bisa tampil uptodate, kami telah menyiapkan beberapa tips dan trik yang cukup berguna dalam mengoptimalkan aplikasi BBM yang kamu miliki :

Tampilan Antarmuka

Dalam BBM, kamu pada dasarnya memiliki tiga tabulasi utama : Chat, Contacts, dan Groups. Di bagian atas, terdapat nama pengguna BBM dilengkapi dengan profil gambar alias DP (Display Picture), dan pada kedua sisi dari tiga layar utama, kamu memiliki konteks beberapa menu yang bisa digeser layaknya navigasi Drawer di Android. Jika digeser ke kiri, akan menyediakan shortcut ke bagian-bagian dari aplikasi dan di sisi bagian kanan terdapat menu setting atau tindakan.

PIN

Salah satu fitur istimewa yang tidak dimiliki oleh aplikasi instant messaging lain adalah, untuk bisa menggunakan dan berbagi kontak BBM, kamu akan menggunakan yang namanya PIN BBM, bukannya nomer telepon seperti yang disyaratkan pada Line dan WhatsApp. Setiap pengguna setelah melengkapi prosedur registrasi akun BBM, akan diberi nomer PIN pribadi yang bisa digunakan untuk menghubungi pengguna BBM yang lain. Dengan begini, orang lain yang tahu nomer teleponmu tidak akan mulai jahil mengirimu pesan sampah, karena untuk bisa menghubungimu, mereka harus mengetahui nomer PIN BBM mu terlebih dulu. Lalu, dimana kamu bisa menemukan letak nomer PIN ini?

Untuk mengetahui lokasi bagian fundamental dan terpenting dari BBM ini, kamu cukup harus mengklik pada gambar DP atau nama pengguna dari akun BBM-mu. Setelah itu, akan muncul profil lengkap akun BBM-mu, mulai dari detil pengguna, QR code, dan update terbaru  dari aktivitas BBM-mu, termasuk nomer PIN. Selain itu, kamu tidak perlu mengingat atau mencatatnya pada selembart kertas karena aplikasi ini akan menawarkan opsi untuk mengcopy nomer PIN dari halaman profilmu, sehingga kamu bisa dengan mudah dan cepat dalam mengirimkan invite (undangan) ke teman-temanmu.

Edit status

Seperti halnya pada aplikasi instan messaging yang lain, kamu juga bisa memodifikasi dan merubah status yang sedang kamu lakukan. Opsi ini bisa diakses di tempat yang sama sebagaimana letak nomer PIN. Kamu bisa membuat pesan status bikinanmu sendiri atau cukup menggunakan deretan status yang sudah tersedia seperti ‘available’ atau ‘busy’ yang bisa kamu pilih dengan menekan menu ‘Status’. Kamu juga bahkan bisa menambhakan emoticon pada status yang kamu buat.

Menambahkan kontak

Jika kamu ingin menambahkan kontak ke BBM, ada beberapa sumber yang bisa kamu gunakan. Bisa dengan melalui berbagi PIN, melalui Barcode, email, ataupun SMS. Caranya, tekan pilihan Add Contact atau tekan menu setting yang berupa tanda tiga titik yang terletak di pojok kanan atas pada setiap halaman yang kamu buka. Lalu akan muncul beberapa pilhan, dan tekan opsi ‘Invite to BBM’. Dari sini kamu bisa memilih apakah kamu ingin mengundangnya (invite) lewat PIN, Bar code, SMS atau email.

Cara melihat kontak

Di BBM, kamu juga memiliki pilihan untuk melihat daftar kontakmu dalam beberapa cara yang berbeda.jika kamu tidak terlalu suka dengan model grid yang menjadi tampilan default, maka kamu bisa mengubahnya kedalam model Daftar (list style) seperti tampilan yang ada pada WhatsApp. Caranya, pergi ke menu ‘Setting’, lalu gulir ke bawah hingga menemukan beberapa opsi bagian Contact. Pada bagian Contact Layout, ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan Grid dan List. Selain merubah tampilan kontak, ada pilihan berguna lain yang terdapat pada menu pengaturan Kontak. Kamu bisa memblokir nomer kontak tertentu (blocked contacts and feeds), dan bahkan menambahkan pertanyaan untuk keamanan pada kontak BBM lain yang telah kamu invite (security question on invites) demi menjaga keamanan BBM-mu.

Mengatur notifikasi

Jika kamu memiliki kontak BBM yang terus menerus mengganti DP dan status setiap saat, sehingga membuatmu merasa risih dan terganggu, atau kamu berada dalam posisi ditengah-tengah orang yang tengah menggila menambahkan kontak, mungkin inilah saatnya kamu tidak ingin melihat setiap notifikasi apapun. Untungnya, kamu bisa mengatur notifikasi yang muncul di BBM untuk semua nomer kontakmu, atau hanya untuk beberapa kontak tertentu saja.

Caranya, kamu bisa pergi ke menu ‘Setting’ dan pada bagian Notification, matikan opsi ‘All Notification’ jika kamu tidak ingin mengetahui setiap notifikasi yang masuk. Untuk menonaktifkan setiap notifikasi dari kontak individu tertentu, caranya akan sedikit rumit. Untuk melakukannya, kamu perlu pergi ke halaman ‘BBMFeed’. Disini akan ditampilkan update terbaru dari semua kontak BBM-mu. Untuk memblokir update dari kontak tertentu, kamu harus menekan cukup lama pada bagian update dari kontak yang hendak kamu matikan notifikasinya, yang akan membawamu ke menu spesifik lain dimana kamu bisa menemukan opsi untuk ‘Hide Updates’ (menyembunyikan update) dengan cara menekan ikon bergambar mata pada pojok kanan atas. Kamu bisa memilih untuk menyembunyikan semua update (hide all feeds) atauy hanya update status saja (status feeds).

Menarik kembali pesan BBM

Di BBM, juga memungkinkanmu untuk menarik kembali pesan SMS yang terlanjur kamu kirim. Jika suatu saat setelah mengirim pesan, kamu menyadari bahwa pesan itu dikirim ke orang yang salah, atau ada kata-kata yang kurang tepat, maka kamu bisa menariknya. Hal ini tentu akan melindungimu dari banyak masalah. Caranya mudah sekali. Tinggal tekan dan tahan agak lama pada pesan BBM yang hendak kamu tarik. Ikon ‘Retract Mesaage’ kemudian akan muncul di layar dibagian kanan.

Selain beberapa tips dan trik diatas, masih ada tips lain yang sangat berguna. Misalnya saja, kamu bisa menonaktifkan ikon ‘BBM Connected’ dengan pergi ke menu Setting umum, lalu matikan opsi ‘BBM Connected’. Atau kamu juga bisa mengatur warna lampu notifikasi LED BBM-mu.

Comments on this entry are closed.