Tips & Trik Google Keyboard Yang Perlu Kamu Tahu

by Ummy Tsabit on February 7, 2016

Google Keyboard merupakan salah satu aplikasi keyboard terbaik untuk Android. Meski cukup sederhana dan tidak semulus aplikasi keyboard yang lain, namun Google Keyboard tergolong cukup handal dan berkinerja bagus. Pada pandangan pertama, mungkin akan tampak seperti jajaran tombol keyboard pada umumnya. Namun jika kamu mau lebih jeli, aplikasi ini sebenarnya juga dikemas dengan banyak fitur berguna didalamnya.

ttips & trik google keyboard

Google keyboard mungkin sudah menjadi aplikasi bawaan (preloaded) di beberapa jenis perangkat Android, namun jika masih belum tersedia di ponselmu, maka kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store. Yang perlu diperhatikan adalah, pertama-tama pastikan terlebih dulu bahwa kamu sudah memakai versi terbaru dari Google Keyboard. Setiap versi baru yang tersedia akan hadir dengan beberapa peningkatan, entah itu besar atau sedikit. Jadi, akan lebih baik jika kamu menjaga agar aplikasimu tetap up to date.

Berikut ini akan kami ulas beberapa tips & trik tersembunyi dari Google Keyboard yang layak untuk kamu coba :

Mengaktifkan barisan angka

Google keyboard tidak memiliki jajaran angka di bagian atasnya, namun jika kamu memiliki default angkanya, bisa jadi akan lebih mempercepat proses pengetikanmu. Hal ini akan terbukti berguna jika kamu menggunakan Google Keyboard pada tablet. Tentu akan sangat praktis jika kamu memiliki keyboard dengan model yang seperti terdapat pada keyboard komputer.

Untuk menambahkan barisan angka di bagian atas, buka menu Setting di ponselmu, dan pergi ke bagian “Language and input”. Pilih Google Keyboard dan tap pada opsi “Appearance and layout”. Di layar berikutnya, tap apda opsi “Customized input styles”. Di layar berikutnya, tap pada ikon “+” di bagian pojok kanan atas. Di menu pop-up, pilih bahasa alias language yang digunakan (Indonesia misalnya) dan pilih layout sebagai “PC” dan lalu tekan “Add”. Untuk menggunakan keyboard model ini, bukalah bidang teks apapun, tekan yang lama pada tombol spasi, dan pilih keyboard yang baru.

Menggunakan emoticon

Jika kamu bukan termasuk pengguna aktif dari Google Keyboard dan lebih suka mengetik yang sederhana, maka kamu mungkin tidak tahu bahwa Google Keyboard juga memiliki satu set emoticon tersendiri. Kamu bisa menggunakan emoticon untuk mengungkapkan isi hatimu melalui ikon emoji yang lucu-lucu dan unik.

Untuk menggunakan emoticon, tekan yang lama pada tombol Enter pada keyboard, lalu geser jari tanganmu ke atas hingga ke bagian ikon emoji. Sekarang kamu pun bisa melihat banyak sekali emoji yang bisa kamu gunakan.

Tanda baca yang cepat

Tanda baca sangat penting sekali ketika sedang menulis sesuatu. Di Google Keyboard, jika kamu ingin menggunakan tanda baca, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah untuk men-tap tombol angka 123 (yang berada disisi kiri tombol koma), lalu pilih tanda bacanya, dan kalau mau menggunakan huruf, harus tekan tombol ABC kembali. Hal ini tentu akan sangat ribet dan menghabiskan banyak waktu.

Google Keyboard memiliki pintasan (shortcut) yang bisa mempermudah membuka tanda baca. Untuk menambahkan tanda baca, tekan dan tahan yang lama tombol angka (123) dan sapu jarimu ke tiap tanda baca yang ingin kamu gunakan dan angkat kembali jarimu untuk mengembalikan lagi ke pengetikan kata.

Menggunakan tombol Shift

Tombol Shift (yang biasanya berada di samping tombol Z) bisa digunakan untuk membuat kapital setiap huruf pertama dari setiap kata dalam kalimat atau mengkapitalkan setiap kata dalam sebuah kalimat. Untuk melakukan hal ini, pertama-tama pilih kata-kata yang ingin kamu buat besar hurufnya dengan cara menekan yang lama pada kata tersebut. Saat semua kata sudah terpilih, tap tombol shift satu kali untuk mengkapitalkan setiap alphabet dari setiap kata. Dan tap dua kali untuk mengkapitalkan semua huruf.

Mengembangkan teks

Fitur terbaik dari Google Keyboard akan kita bahas pada bagian terakhir. Ekspansi teks ini akan memungkinkanmu untuk menggunakan frase yang sering digunakan dengan cara membuatkannya sebuah shortcut. Misalnya saja, jika kamu mengetik kata LOL, maka akan secara otomatis menjabarkan singkatannya menjadi Laughing Out Loud.

Untuk menciptakan shortcut teks, pergi ke setting ponsel dan buka “Language & input”. Pada layar selanjutnya, pilih “Personal Dictionary” dan pilih bahasanya. Tap ikon “+” di pojok kanan atas layar. Lalu, pada awal bidang teks , ketikkan teksnya (misalnya saja laughing out loud). Dan pada bidang selanjutnya tambahkan shortcut (LOL misalnya), lalu pilih Save. Sekarang, tiap kali kamu mengetikkan kata “LOL” maka kamu akan melihat kata “loughing out loud” di bagian atas keyboard.

Comments on this entry are closed.