Tips Trik Menggunakan Browser BlackBerry OS 10

by aries on September 28, 2014

Bagi para pengguna smartphone BlackBerry, tentu pernah mengalami rasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas browsing dengan menggunakan perangkat BlackBerry yang lawas. Kabar baiknya, versi terbaru OS 10 seperti yang terdapat pada BlackBerry Z3, telah mengalami banyak perbaikan karena memiliki browser yang lebih canggih. Meski begitu, tampilan antar muka dari browser terbaru BlackBerry ini masih membingungkan bagi sebagian pengguna pemula.

Browser bawaan pada smartphone BlackBerry OS 10, sebenarnya sudah bagus. Namun, hanya tampilan antarmukanya saja yang mengalami banyak perubahan, dan memerlukan adaptasi. Agar kamu lebih nyaman dan menguasai browser bawaan tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Tips & Trik Menggunakan Browser BlackBerry OS 10

  • Cara merubah mesin pencarian yang ada secara Default

Saat pertama kali menggunakan browser BB yang menggunakan OS 10, kita akan mendapati Bing sebagai mesin pencari default. Jika kamu sudah terbiasa dengan menggunakan mesin pencari yang lain, seperti Google Search misalnya, maka untuk merubah mesin pencariannya adalah dengan melakukan dua langkah mudah berikut ini:

  1. Pada kolom Address bar, ketik kata kunci apa saja yang kamu mau, hingga muncul lambang mesin pencari disudut kanan atas.
  2. klik lambang tersebut, hingga muncul beberapa pilihan pada kolom drop down. Pilih mesin pencari yang kamu inginkan.
  • Membuat tampilan desktop pada ditus yang kamu buka

Saat ini, beberapa situs menawarkan dua tampilan saat diakses, tampilan mobile dan tampilan desktop. Pada tampilan mobile, beberapa situs mungkin akan terlihat lebih baik dari tampilan desktop (yang biasa tertampil saat dibuka dilayar PC/laptop), namun bisa jadi malah lebih membingungkan.

Begitu juga dalam browser BB 10 ini. Secara otomatis, sistem akan mengenali browser apa yang kita gunakan dan akan menentukan tampilan situs dalam bentuk apa yang cocok untuk perangkat yang kita miliki (tampilan mobile). Jika kamu sudah terbiasa membuka situs dalam tampilan desktop, maka berikut adalah cara merubah tampilan situs menjadi tampilan desktop:

  1. Buka browser, lalu klik lambang Option berupa tiga titik yang tersusun kebawah.
  2. klik menu Settings, lalu pilih Developer Tools.
  3. Ganti Desktop Mode menjadi ON.
  • Menyimpan halaman situs

Saat kamu menemukan suatu info menarik yang terdapat pada halaman sebuah situs, baik karena isi kontennya, desain dan tema situsnya, atau hal yang lain, tentu kamu ingin menyimpannya. Kamu bisa menyimpan halaman sebuah situs ke dalam bentuk HTML, sehingga bisa kamu buka saat kondisi offline (tidak terhubung internet) atau kamu kirimkan ke orang lain melalui email. Cara menyimpannya adalah sebagai berikut:

  1. saat membuka sebuah situs, misalnya alltutorial.net, kamu bisa mengklik tombol Option berupa lambang tiga titik yang tersusun ke bawah.
  2. lalu, tinggal pilih Save Page, dan tentukan lokasi dimana kamu akan menyimpannya.
  • Menyimpan informasi pribadi

Semakin berkembangnya sistem belanja online dan bertambah banyaknya toko online, membawa dilema tersendiri. Disatu sisi, kita akan semakin mudah dalam melakukan transaksi belanja. Di sisi lain, hal ini akan membuat kita mau tak mau harus melakukan transaksi lewat mobile, yang termasuk didalamnya mendaftarkan data pribadi seperti alamat dan nomor kartu kredit.

Agar transaksi e-banking yang kita lakukan lebih aman, maka kamu bisa mengaktifkan mode Private Browsing yang terdapat pada browser BB OS 10. Jika mode ini diaktifkan, maka semua data-data yang terdahulu semisal cookies, file cache, ataupun history tidak akan tersimpan. Jadi, bila suatu saat smartphonemu hilang dan dicuri orang yang mampu memasuki sistem browser, maka data-data pentingmu tetap aman.

Comments on this entry are closed.