Tips trik menggunakan Windows Phone bagi pemula

by aries on June 9, 2015

Meski saat ini smartphone Android-lah yang menjadi perangkat mobile terpopuler saat ini, namun masih saja ada pengguna yang ingin tampil beda dengan menggunakan smartphone dengan system operasi alternatif yang lain, diantaranya dengan Windows Phone. Namun, perubahan ini tentu memerlukan sedikit adaptasi karena tampilan antarmuka dan pengaturan dari Windows Phone sama sekali berbeda dengan Android. Jika kamu merupakan salah satu orang yang baru saja beralih menggunakan Windows Phone dan kebingungan dalam mengoperasikannya, maka ikuti langkah-langkah berikut ini yang akan mempermudahmu dalam menggunakan Windows Phone:

Tips trik menggunakan Windows Phone bagi pemula

  • Menambahkan Micro SD

Jika kamu ingin menambah ruang penyimpanan datamu, menambahkan micro SD bisa menjadi solusinya. Untuk memasukkannya, kamu harus terlebih dahulu mematikan ponsel dan kemudian melepas baterainya. Setelah itu, masukkan micro SD yang ingin digunakan. Setelah micro SD terpasang, kamu bisa menyalakan kembali smartphone. Nantinya, akan muncul pesan yang menginfokan kalau smartphone telah mendeteksi keberadaan sebuah kartu memori, lalu tekan “Yes”. Untuk mengecek kondisi dari kartu memori, kamu bisa buka menu Settings > Phone storage.

  • Mengatur Lock Screen dan Password

Saat pertama kali membuka Windows Phone, pastikan kamu sudah membuat password yang aman. Untuk melakukannya, kamu bisa menuju ke menu Setting > Lock Screen. Lalu arahkan pada bagian bawah dan aktifkan password. Selain itu, kamu juga bisa mengatur Tim-Out Lock Screen. Kamu juga bisa membuat sendiri background lock screen yang unik dengan menggunakan foto static, live wallpaper, Facebook atau nada tertentu.

  • Mengatur notifikasi di Lock Screen

Jika kamu ingin tetap mengetahui  notifikasi penting meski layer smartphone dalam kondisi terkunci (lock screen), maka kamu bisa mengaturnya dengan cara: buka menu Setting > Lock Screen > dan geser ke pilihan notifikasi yang ingin kamu munculkan di lock screen.

  • Cara mem-back up data

Sebagai langkah antisipasi dan keamanan, tentu kamu ingin terlebih dulu mem-back up semua data pentingmu. Smartphone Windows Phone seri 8 telah memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan Back up data ataupun Restore. Semua daftar aplikasi, SMS, ataupun foto akan secara otomatis tersimpan di SkyDrive. Untuk melakukannya, pergilah ke Setting > System > Back up.

  • Mengaktifkan Kid’s Corner

Apakah smartphone milikmu sering dipakai oleh anak atau keponakanmu yang masih kecil? Jika kamu ingin mengamankan aplikasi tertentu agar tidak dapat diakses oleh anak kecil, maka kamu bisa mengaktifkan fitur parental yang bernama Kid’s corner. Pada fitur  ini, kamu bisa mengatur dan menentukan aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak dan yang mana yang tidak bisa.

  • Maksimalkan Cortana

Kamu bisa mengaktifkan fitur khusus Windows Phone yang bernama Cortana. Dengan Cortana, kamu bisa melakukan panggilan, membuat pesan, membuat catatan , dan lain-lain. Cortana juga bisa mengatur pengingat, alarm, serta melacak hal-hal menarik lainnya seperti cuaca, berita, ataupun kondisi lalu lintas. Untuk itu, maksimalkan fitur ini untuk mendapatkan berbagai kemudahannya.

Comments on this entry are closed.