Tips & Trik Seputar Facebook Messenger

by aries on July 2, 2015

Aplikasi Facebook Messenger untuk Android menyediakan lebih dari sekedar layanan perpesanan yang sederhana. Kita bisa menemukan hal-hal keren yang bisa kita lakukan dengan Facebook Messenger, begitu juga trik untuk menghilangkan beberapa aspek yang mengganggu di sana. Berikut ini akan diulas dengan lengkap berbagai tips & trik menarik seputar Facebook Messenger yang perlu kamu tahu:

tips facebook messenger

Mematikan tanda notifikasi pada FB Messenger di Android

Pernahkah kamu mengalami, saat kamu menjadi anggota percakapan grup, ada anggota yang terus menerus mempromosikan barang dagangannya ke para anggota grup, dan itu sangat mengganggumu. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk cara menghentikan menerima notifikasi semacam ini tanpa harus meninggalkan grup:

Mematikan notifikasi FB Messenger untuk salah satu percakapan :
• Buka aplikasi Facebook Messenger.
• Di bagian jendela percakapanmu, tekan dan tahan percakapan yang ingin kamu bisukan (mute).
• Lalu tekan opsi ‘Mute notification’.
• Pilih durasi waktu yang kamu ingin untuk membisukan percakapan tersebut.

Mematikan notifikasi untuk semua percakapan :
• Buka aplikasi FB Messenger
• Tekan menu Setting (simbol roda bergerigi)
• Pilih opsi Notification & Sound
• Geser tombol di bagian atas halaman untuk mengubah notifikasi ke posisi On atau Off
• Pilih durasi yang kamu ingin untuk lamanya waktu mematikan notifikasi.

Cara Membuat panggilan suara di FB Messenger

Tidak hanya WhatsApp saja yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara, tapi kamu juga bisa membuat panggilan gratis menggunakan Facebook Messenger. Caranya, cukup tekan tombol Call dalam salah satu jendela percakapanmu dan kamu langsung bisa memulai menelpon orang yang ada dalam percakapan tersebut.

Cara membuat pintasan (shortcut) grup untuk FB Messenger

Jika ada salah satu anggota grup yang akan terus kamu ajak ngobrol dari waktu ke waktu, lalu mengapa tidak kamu persingkat saja dengan membuatkan pintasan grup chat di layar home screen? Caranya, cukup pergi ke jendela Group, di mana kamu bisa memilih grup yang tersedia atau membuat lagi yang baru dan tekanlah tombol menu kecil di bagian kanan atas pada atap Grup. Dari sini, cukup pilih opsi ‘Create Shortcut’ untuk menambahkan pintasan grup di layar home screenmu.

Cara Mengirim gambar lewat FB Messenger

Apakah kamu tahu, kamu bisa memotret foto langsung dari keyboard di Messenger? Apakah kamu melihat ikon kamera kecil itu? Tekan tombol tersebut untuk mengubah tombol spasi pada keyboardmu, menjadi sebuah viewfinder (pencari gambar) mini. Kamu bisa beralih antara kamera utama dan kamera depan dan ambil sebuah gambar cepat dengan tombol kirim vertical yang agak aneh yang berada tepat di tengah-tengah jendela bidik. Tekan ikon gambar kecil di samping kamera untuk memilih dari kumpulan foto yang sudah diambil sebelumnya.

Cara Mengirim atau melihat lokasi dengan FB Messenger

Jika kamu ingin cara super mudah untuk membiarkan temanmu tahu posisimu sedang dimana, yang dibutuhkan hanyalah mengirim sebuah pesan. Selama opsi “location” masih tetap diaktifkan di pengaturan Messenger, maka mereka akan tahu posisimu di mana.
Hampir sama dengan yang di atas, jika sudah mengaktifkan opsi tersebut, cukup tekan pesannya untuk memberitahukanmu lokasi tempat di mana pesan ini dikirim. Jika kamu tidak ingin berbagai lokasimu sama sekali, tinggal masuk ke menu Setting dan hapus tanda centang pada kolom ‘location’.

Comments on this entry are closed.