Tombol Kombinasi Keyboard Part 1

by Siti Eka Kurniati on September 22, 2015

Dalam komputer, untuk mempercepat sebuah pekerjaan terkadang kita menggunakan tombol kombinasi keyboard. Tombol kombinasi keyboard adalah sebuah perintah yang dimunculkan dengan menekan beberapa tombol di keyboard secara bersamaan.

Tombol Kombinasi Ctrl

Ada banyak sekali tombol kombinasi yang bisa kamu gunakan untuk mempersingkat waktu pekerjaanmu. Entah itu dalam sebuah program windows atau aplikasi, terdapat tombol yang bisa kamu manfaatkan untuk mengeksekusi beberapa perintah tanpa harus ribet menggunakan mouse seperti pembatalan perintah, perpindahan jendela, pencarian kata atau dokumen dan lain sebagainya. Nah berikut ini adalah daftar tombol kombinasi yang bisa kamu praktekan untuk mempermudah pekerjaanmu di komputer.

Fungsi Tombol F1-F12 di Keyboard

Silahkan baca : Fungsi Tombol F1-F12 di keyboard

Fungsi tombol kombinasi Ctrl

Ctrl+A. Dalam program windows biasanya digunakan untuk memilih semua obyek, seperti misalnya di ms word digunakan untuk memilih seluruh teks yang ada di lembar kerja, di explore untuk memilih semua file / folder. Ctrl+A juga digunakan untuk memilih semua obyek di lembar kerja illustrator atau corel draw. Sedangkan di photoshop, Ctrl+A memiliki fungsi yang berbeda yaitu menyeleksi bentuk kanvas (lembar kerja).

Ctrl+B. Biasanya digunakan untuk menebalkan suatu teks (bold). Sedangkan untuk di browser Mozilla berfungsi untuk membuka panel bookmark. Beda lagi di browser Internet Explore, kombinasi ini digunakan untuk menampilkan kotak dialog Organize Favorite untuk mengatur tampilan task bar di browser tersebut.

Ctrl+C. Siapa yang tidak kenal tombol kombinasi ini? Sungguh terlalu jika ada. Tombol ini digunakan untuk perintah penyalinan di hampir semua program komputer.

Ctrl+D. Di MS Word, kombinasi ini digunakan untuk menampilkan kotak dialog font, sedangkan di photoshop digunakan untuk menghilangkan seleksi (deselect). Di Explore, Ctrl+D digunakan untuk tombol kombinasi Delete (menghapus file). Sedangkah di browser fungsinya beda lagi, Ctrl+D digunakan untuk menambahkan sebuah halaman ke dalam bookmark (favorit). Di Illustrator, kombinasi ini digunakan untuk menyalin perintah sebelumnya (seperti fungsi F4 di MS Word). Beda lagi di corel, Ctrl+D digunakan untuk menampilkan jendela Duplicate Offsite.

Ctr+E.Kombinasi ini digunakan untuk mengatur huruf untuk berada di tengah (center) pada ms word. Kombinasi ini digunakan untuk membuka kotak dialog export di corel draw. Sedang di browser digunakan untuk meletakkan kursor ke bar pencarian. Di photoshop, kombinasi ini digunakan untuk perintah merge down. Di explore, Ctrl+E berfungsi sama dengan kombonasi Ctrl+F yaitu meletakkan kursor pada bar pencarian.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2 3

Comments on this entry are closed.