Tombol Kombinasi Keyboard Part II

by Siti Eka Kurniati on September 23, 2015

Melanjutkan artikel yang kemarin, kali ini kami masih akan membagikan tips menggunakan tombol kombinasi keyboard. Tombol kombinasi memang akan mempercepat pekerjaan kita karena dengan memencet beberapa tombol di keyboard kamu sudah bisa menjalankan suatu perintah yang biasanya perlu beberapa langkah menggunakan mouse.

tombol kombinasi ctrl

Setelah kita membahas kegunaan TOMBOL FUNGSI dan kombinasi CTRL+A-Z, kali ini kita masih akan membahas tombol kombinasi yang menggunakan Ctrl lagi. Kali ini akan dikombinasikan dengan angka serta symbol. Mau tau apa saja kegunaannya? Simak ulasan berikut ini.

Ctrl+0 (nol) dalam photoshop dan illustrator, kombinasi ini akan menampilkan lembar kerja dengan ukuran sesuai dengan luas layar yang ada.

Ctrl+1. Pada MS Word, digunakan untuk mengatur agar line spacing menjadi single.pada browser. Sedangkan di excel, kombinasi ini digunakan untuk memunculkan jendela Format Cell. Di photoshop dan illustrator, kedua tombol ini digunakan untuk melihat preview menjadi 100%.

Ctrl+2. Pada Ms word digunakan untuk mengatur paragraph menjadi double. Di excel lain lagi fungsinya yaitu sama dengan Ctrl+B untuk mempertebalfont (bold).

Crtrl+3 di Excel berfungsi untuk merubad font menjadi miring (Italic) seperti pada kombinasi Ctrl+I.

Ctrl+4. Di Excel digunakan untuk memformat font dengan garis bawah (under line) seperti Ctrl+U.

Dalam browser, Ctrl+1 Ctrl+2 Ctrl+3 Ctrl+4 Ctrl+5 Ctrl+6 Ctrl+7 Ctrl+8 serta Ctrl+9 mempunyai fungsi untuk perpindahan tab sesuai urutan nomor.

Ctrl+} digunakan untuk memperbesar ukuran font pada ms word­

Ctrl+{ kombinasi ini adalah kebalikan dari fungsi tombol kombinasi di atasnya yaitu untuk memperkecil ukuran font yang diblok di ms word.

Ctrl+- dalam program excel akan memunculkan jendela Delete. Di ms word sendiri digunakan untuk menghapus teks yang telah terblok. Sedangkan di illustrator  photoshop serta browser, kombinasi ini digunakan untuk memperkecil tampilan lembar kerja.

Ctrl&+, maksudnya tombol Control dan plus, ini adalah tombol kombinasi kebalikan dari Ctrl+- yaitu memperbesar tampilan lembar kerja pada photoshop, illustrator serta browser. Di ms word, kombinasi ini digunakan untuk mengubah teks yang telah diblok ke dalam format subscript.

Ctrl+’ dalam photoshop dan illustrator digunakan untuk memperlihatkan / menyembunyikan Grid (garis bantu).

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.