Touchscreen error setelah flash S5 replika GT-I9600

by aries on March 7, 2016

Yang dimaksud eror di sini bukan touchscreen yang gerak-gerak sendiri ya, namun yang dimaksud disini adalah touchscreen kurang pas. Artinya jika ketuk menu atau aplikasi yang kena justru bawahnya, atau sebelahnya, atau bahkan atasnya. Padahal S5 Replika GT-I9600 sebelum di flash TC baik-baik saja.

Jujur saja hal ini membingungkan, karena firmware GT-I9600 kode 02 yang terdapat di kumpulan firmware replika sudah saya coba (tested 100 persen work). Makanya ketika ada pertanyann masalah eror  touchscreen untuk S5 tipe ini saya tidak bisa jawab. Berikut pertanyaanya;

Sukses gan…tp kok touchscreennya jadi nggak pass ya. SPnya ku pakai versi 5 gan, sebelum di flash TSnya pas gan.. kenapa ya?

Touchscreen error setelah flash S5 replika GT-I9600

Setelah beberapa hari, ada servisan masuk dengan tipe GT-i9600, setelah saya flash sukses dan ternyata TS-nya juga gak pas. Lalu saya coba flash ulang dengan metode firmware upgrade, flash juga sukses namun TS-nya tetap tidak pas.

Akhirnya, saya mencoba cari firmware dengan tipe yang sama dan Alhamdulillah ketemu juga. Kalau tidak salah saya dapat firmware itu dari blogger asal Negeri Gajah Putih. Setelah itu langsung saya coba gunakan untuk flash dan akhirnya masalah selesai karena TS-nya sudah kembali normal (sudah pas).

Saya pikir ini sudah final, tapi ternyata tidak. Lho kok bisa..? Jadi bigini ya sodara-sodara, perlu diketahui Samsung Replika GT-I9600 datang ke meja servis karena terkena virus 18+ (virus se*y h*t). Setelah flash berhasil dengan firmware yang kedua, saya coba nyalakan data atau wifi, di HP tersebut masih ada indikasi virus. Akhirnya saya scan dengan smart antivirus. Selesai scan virus benar-benar bersih, bahkan saking bersihnya menu setting sampai hilang. Hahaha 😀

Ini serius lho, aplikasi setting atau pengaturan jadi hilang. Padalah menu itu jelas sangat kita butuhkan untuk melakukan berbagai konfigurasi. Setelah itu, saya coba flash ulang dengan firmware yang kedua. Dan menu setting kembali lagi namun, TS-nya jadi tidak pas. Aneh kan padalah ini sudah pakai firmware yang kedua lho. Flash saya ulangi sampai tiga kali dan hasilnya tetap sama.

Akhirnya saya coba cari firmware GT-I9600 yang lain dan dapat dari blogger Iran, setelah ekstrak langsung saya eksekusi. Flash sukses dan TC-nya juga Alhamdulilah pas.

Kesimpulan:

Saya bingung mau membuat kesimpulan, karena saya sendiri belum tahu persis kenapa S5 supercopy GT-I9600 agak aneh. Solusi yang bisa saya berikan hanya coba flash dengan firmware lain ketika TS-nya bermasalah seperti kasus di atas.

Comments on this entry are closed.