Trik mengatasi aplikasi Android error unfortunately

by aries on January 12, 2015

Jika kamu mengunduh banyak aplikasi untuk dimasukkan ke dalam smartphone Android kesayanganmu, tentu akan menimbulkan resiko tersendiri. Diantaranya, kamu pasti kerap menemui pesan error saat membuka aplikasi tersebut, seperti pesan error ‘Unfortunately, theprossescom.google.process.gapps has stopped’ atau ‘rServiceHome has stopped’.

Trik mengatasi aplikasi Android error unfortunately has stopped

Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan, karena kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut, terlebih lagi jika memori internal smartphone-mu sudah hampir penuh. Agar kamu bisa segera mengatasi masalah tersebut, maka kamu harus mencara jitu sebagai solusi terbaiknya. Untuk itu, simak beberapa trik jitu berikut ini untuk mengatasi pesan error tersebut:

  1. jika kamu mendapatkan pesan error tersebut,  maka pastikan kamu mencari aplikasi yang menjadi sumber penyebabnya.
  2. bila kamu sudah menemukan aplikasi yang menjadi sumber masalahnya, maka kamu bisa masuk ke menu Setting > apps > dan pilih aplikasi yang dimaksud. Lalu, hapus aplikasi tersebut. Selanjutnya, diteruskan dengan menghapus cache dengan memilih ‘Clear cache’.
  3. jika setelah dihapus masalah yang kamu hadapi masih belum beres dan pesan error masih terus muncul, maka kamu bisa menggunakan cara lain dengan menghapus data. Artinya, kamu akan menghapus segala sesuatu yang berkaitan dengan aplikasi tersebut, seperti password, level game, atau isi dari chat. Atau kamu cukup dengan menginstall ulang aplikasi tersebut.
  4. jika pesan error tersebut muncul sebelum kamu membuka aplikasi apapun, maka kamu dapat menon-aktifkan “downloads” dengan masuk ke menu Setting > apps > All > Downloads dan pilih tombol Disable. Setelah itu, tekan terus tombol kembali.
  5. jika kamu sudah melakukan semua cara diatas, namun pesan error tetap saja muncul,  maka masuk ke Setting > apps  > all dan tekan tombol menu, lalu pilih ‘reset app preferences’. Semoga salah satu dari trik diatas bisa berhasil dan mengatasi pesan error yang terjadi.

Kalau pesan error tetap membandel, maka jalan terakhir adalah melakukan Factory Reset yang akan menimbulkan resiko semua data dan aplikasi yang kamu punya akan hilang dan akan mengembalikan smartphone ke dalam settingan awal dari pabrik. Selamat mencoba!

Comments on this entry are closed.