Tutorial Corel Draw – Cara Merubah Resolusi Foto

by aries on May 7, 2014

Tutorial corel draw kali ini akan membahas tentang cara merubah resolusi foto, sekaligus sebagai jawaban dari pertanyaan ‘Cara agar foto tidak pecah-pecah pada corel draw x3’.

Sebelum melangkah lebih jauh pada pembahasan, perlu diketahui bahwa ‘foto pecah’ ini biasanya merupakan hasil jepretan ponsel dengan kualitas rendah, terutama ponsel-ponsel jadul. Kalau sekarang, teknologi ponsel sudah sangat canggih, banyak sekali ponsel yang sudah dilengkapi dengan resolusi kamera 20 MP. Bahkan, ponsel untuk foto selfie dengan kualitas bagus pun sekarang sudah merajalela.

Tutorial Corel Draw - Cara Merubah Resolusi Foto

Kalau tidak punya ponsel bagus terus bagaimana agar foto tersebut tidak pecah? Memang ponsel dengan kamera berkualitas rendah tidak bisa dipaksa menghasilkan jepretan yang maksimal. Jadi, solusinya kita oleh foto tersebut dengan corel draw. Kamu bisa membuat kepadatan pixel foto tersebut sehingga foto tidak pecah walaupun di zoom. Berikut langkah-langkahnya;

  1. buka coreldraw, versi bebas. Saya sendiri pakai corel draw X3 menyesuaikan dengan pertanyaan di atas, walaupun sebenarnya untuk membuat foto agar tidak pecah tidak harus pakai corel draw X3.
  2. drag foto ke area lembar kerja corel draw atau klik menu fileimport – pilih foto – lalu klik import
  3. setelah itu, klik foto – pilih Resample the Bitmap
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, besarkan resolusinya sesuai kebutuhan, lalu klik Ok. Semakin besar resolusinya maka semakin bagus hasil fotonya. Kalau foto tersebut tidak untuk dicetak, resolusi 300 dpi sudah sangat bagus, namun jika ingin mencetak foto, apalagi ukuran besar disarankan 600 dpi atau lebih menyesuaikan ukuran cetak foto.
  5. Sekarang, coba bandingkan dengan foto aslinya, pasti terlihat jelas kepadatan pixel setelah diolah dengan corel draw.
  6. setelah selesai, saatnya export foto ke file JPG.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara merubah resolusi foto agar tidak pecah, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama.

karimunjawa November 30, 2015 at 9:15 pm

terimakasih gan. tutorialnya work

Comments on this entry are closed.