Tutorial Corel draw – Merubah Gambar Bitmap menjadi Vector

by aries on June 28, 2014

Seperti diketahui, corel draw diciptakan memang untuk spesialis objek vecktor bukan bitmap sebagaimana photoshop. Jadi, kita akan kesulitan dalam melakukan editing gambar bitmap kalau pakai corel draw. Meskipun bisa, tapi tetap saja terbatas dan tidak seluas dengan menggunakan photoshop.

Tutorial Corel draw - Merubah Gambar Bitmap menjadi Vector

Solusinya supaya mudah dalam melakukan edit gambar bitmap adalah merubahnya menjadi vector dengan menggunakan corel trace yang sudah jadi satu paket dengan program corel draw. Berikut langkah-langkah merubah gambar bitmap menjadi vector.

  1. buka corel draw 11 sampai X6 sesuai selera. Saya sendiri menggunakan corel draw X3.
  2. drag gambar bitmap baik berupa format JPG, PNG, GIF, BMP dan lain sebagainya ke area lembar kerja corel draw. Cara lain; klik menu FileImport (Ctrl+I) – pilih gambar bitmapnya – klik Import.
  3. karena ini adalah moment ramadhan, saya akan merubah bitmap seperti terlihat pada gambar di atas menjadi vector. Tujuan dari perubahan ini adalah saya akan mengambil tulisan “شهر صيام رمضان” saja yang nantinya akan saya jadikan sebuah desain kartu ucapan ramadhan.
  4. setelah gambar siap di area lembar kerja corle draw, klik gambar – klik trace bitmap. Di sana ada beberapa pilihan, seperti line art, logo, detail logo, clipart dan lain sebagainya. Saya sendiri memilih clipart.
  5. pada kotak dialog yang ditampilkan pilih pengaturan yang ada di sisi sebelah kanan sesuai kebutuhan. Misalnya smoothing, detail, color mode. Untuk color mode, jika kamu menginginkan hasil dari perubahan bitmap ke vector tersebut nantinya akan dipublikasikan ke web, pilih RGB. Atau untuk dicetak pilih CMYK/ Black & White. Semua pengaturan ini bisa kamu coba dan terapkan satu persatu dan pilih mana yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Untuk kebutuhan saya sendiri, pengaturannya bisa dilihat pada gambar berikut ini;
  6. setelah selesai, klik Ok. Maka akan muncul objek hasil vector dari gambar bitmap. Buang bitmapnya karena sudah tidak diperlukan lagi.
  7. sebagaimana pejelasan di atas, bahwa saya hanya akan mengambil objek tulisan arabnya saja. Maka untuk objek vector yang lain seperti sisa-sisa background akan saya buang.
  8. dengan perubahan dari bitmap ke vector ini, maka objek tulisan arab tersebut sekarang sudah bebas di edit, misalnya dikasih warna sesuai kebutuhan. Kalau objek bitmap kan tidak bisa warnanya diubah-ubah dengan coreldraw.
  9. melihat hasil akhir dari proses ini, saya jadi teringat tentang tutorial cara mengganti background foto dengan photoshop, di mana salah satu prosesnya adalah membuang keseluruhan background untuk kemudian diganti dengan background lain.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara merubah gambar bitmap menjadi vector, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Omat kombet September 15, 2014 at 11:17 am

Ok banget

Setyawan Martha November 21, 2014 at 3:49 pm

Makasih gan infonya. Bantu ane banget:thumbup

bengkelstickers February 4, 2016 at 11:49 pm

Kudu rajin rajin mampir nih.
Kemaren beli cd tutor malah berbelit belit.

Lebih murah tutor yg dishare di blog / web.

Comments on this entry are closed.