Virus di Smartphone

by Siti Eka Kurniati on September 18, 2015

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai virus di smartphone, tahukan kamu apa itu virus? Virus adalah salah satu dari jenis malware (malicious software) yang masuk ke dalam perangkat gadget tanpa sepengatahuan pemilik. Sebenarnya, banyak orang yang sering menganggap bahwa malware, worm, Trojan dan yang lainnya adalah bagian dari virus. Namun sebaliknya, virus merupakan jenis malware. Malware sendiri adalah sebuah program atau kode yang dibuat dengan maksud yang tidak baik.

virus di android

Virus sendiri merupakan malware yang menginfeksi file-file program berjenis executable  (file eksekusi), gambar (JPEG), dan dokumen (DOC) dengan tujuan utama untuk mencuri atau merusak data serta merusak system. Virus tidak bisa menyerang sebuah perangkat secara otomatis tanpa diaktifkan terlebih dulu. Nah, disinilah kita sering dikelabuhi oleh si pembuat virus untuk mengaktifkan virus tersebut secara tidak sadar.  Virus sering berkamuflase dengan menampilkan dirinya dengan nama dan icon yang menarik serta tidak mencurigakan atau dengan gambar yang menarik (lebih sering gambar porno).

Dan di smartphone, malware (kita sekarang nyebutnya malware saja biar cakupannya lebih luas tidak hanya virus namun juga program merugikan lainnya) lebih sering menyusup melalui program aplikasi yang kita unduh dan kita pasang di gadget. Selain itu, malware juga bisa masuk dan menyerang perangkat melalui pertukaran data, koneksi jaringan, pergantian external memory (sd card), iklan yang selalu muncul dan cara-cara yang lain. Berbagai malware mampu mencuri data dari perangkat, merusak system,

Jika smartphone mengalami beberapa hal di bawah ini, kamu patut curiga mungkin saja smartphone milikmu terserang virus.

Baterai menjadi cepat habis.

Malware yang menyebabkan BATERAI ANDROID BOROS adalah adware. Yaitu sejenis iklan yang selalu dikirimkan sebuah aplikasi dan menyebabkan aktivitas android menjadi berat dan akan memboroskan baterai hp. Jika terus saja dibiarkan maka baterai akan cepat lowbat dan rusak.

Kuota Boros

Pernahkan kamu merasa kesal karena kuotamu cepat habis padahal kamu jarang mengunduh atau streaming video? Kemungkinan smartphone milikmu menjadi sasaran dari virus. Adware mungkin jadi salah satu penyebab konsumsi data yang boros karena layanan iklan yang dikirim secara terus menerus dan iklan tersebut tetap berjalan di running backround. Namun, ada juga malware yang langsung meng attack terhadap paket data milikmu. Kamu bisa mengeceknya dengan melihat grafik upload atau download, dan patut curiga jika ada yang tidak sesuai dengan kegiatan smartphonemu karena bisa jadi ada yang memanfaatkan paket data milikmu tanpa kamu ketahui/

Sering Hang (lambat)

Jika kedua hal di atas terjadi pada smartphone milikmu dan kamu membiarkannya saja tanpa melakukan tindakan perbaikan maka semakin lama Kinerja Smartphone Akan Jadi Lambat dan akan banyak aplikasi yang terhenti dan menjadi hang. Ini karena memory RAM yang terkuras dan akhirnya membuat SMARTPHONE JADI LOLA alias loading lama.

baca juga CARA MENCEGAH VIRUS DI ANDROID dan CARA MENGATASI VIRUS DI ANDROID

Comments on this entry are closed.