Wallpaper Penghemat Baterai Android

by Siti Eka Kurniati on December 22, 2015

Setelah kita membaca artikel cara menghemat baterai Android, kita dapat menarik kesimpulan bahwa hal yang paling menghabiskan baterai kita adalah Konektivitas dan tampilan layar. Maka dari itu banyak pengguna yang mencoba untuk mengakali hematnya baterai seperti aplikasi terbaik menghemat baterai Android  .

Namun sebelum itu semua, kita beranjak dulu kepada hal yang paling penting dan paling vital pada yang berpengaruh borosnya baterai Android kita yaitu tampilan.

Tampilan pasti akan berhubungan dengan kecerahan pada layar ponsel kamu. Jika kecerahan pada layar dapat kita minimalkan maka otomatis baterai kita juga akan lebih awet lagi. Bahkan menurut para ilmuwan yang telah melakukan percobaan dengan ponsel dengan tingkat kecerahan tinggi dan tingkat kecerahan yang rendah.

Tingkat kecerahan juga akan berkesinambungan dengan wallpaper ponsel kita. Jadi semakin minimal tingkat kecerahan wallpaper ponsel akan semakin menghemat daya baterai.

Sebelum saya membagikan anda tentang pentingnya arti wallpaper dalam kebutuhannya menghabiskan baterai, saya akan berbagi dulu tentang ilmu tampilan ponsel kita.

Teknologi tampilan yang sebagian besar mendominasi pasaran adalah tipe AMOLED dan LCD saya tidak akan terlalu mendefinisikan AMOLED dan LCD karena itu selera anda masing masing dan untuk pertimbangannya silakan baca layar AMOLED vs layar LCD . Dari segi hematnya baterai maka saya asumsikan ada dua tipe layar yang berbeda cara penanganannya dalam cara menghemat baterai menggunakan wallpaper yang lebih gelap. Dan tentang  tampilan yang mempengaruhi hematnya baterai android yang akan saya ulas sebagaimana dibawah ini:

1. LCD

Pada teknologi ini ternyata saya telah mengamati bahwa teknologi LCD sangat bergantung pada cahaya lampu di belakang layar atau disebut back-lighting . Sehingga setiap mengaktifkan layar ponsel kita, maka ponsel merespon dan wallpaper nampak, maka diikuti dengan cahaya back-lighting. Jadi tidak banyak yang akan dilakukan untuk menghemat baterai dengan wallpaper sekalipun. Karena wallpaper pada layar LCD tidak berpengaruh banyak melainkan back-lighting.

Kamu hanya akan bergantung pada aplikasi penghemat baterai Android  dan usahakan tidak selalu membiarkan LCD Smartphone kamu untuk menyala sepanjang waktu. Aturlah kontras serendah mungkin sesuai kebutuhan kamu.

Namun disamping itu ada berita baik yang kita dapat pelajari. Bahwa kamu bisa memakai wallpaper dengan warna paling cerah dan tema yang bagus dan tidak akan berpengaruh pada baterai Android kamu.

Apabilakamu meningkatkan kecerahan layar dan layar LCD kamu lebih menyala, itu karena back-lighting meningkatkan intensitas cahayanya jadi itulah yang menyebabkan baterai kamu lebih boros.

Tapi lain halnya jika itu tingkat kecerahan warna, kamu bisa memakai warna yang cerah sekalipun dan jika itu tidak berpengaruh untuk menambah intensitas cahaya maka wallpaper itu tidak akan berpengaruh pada boros atau hematnya baterai Android kamu. Namun,  berbeda dengan teknologi AMOLED.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.