Xiaomi Redmi Note 3 Bricked, Lampu Led Berkedip (Blinking RED Light)

by aries on March 25, 2017

Setelah mencoba melakukan UBL Xiaomi Redmi Note 3 Kenzo dan ternyata gagal, akhirnya Xiaomi Redmi Note 3 Kenzo jadi matot dan lampu led berkedip ketika dicas ataupun ketika dikoneksikan ke PC dengan kabel USB.

Kasus seperti ini hampir sama dengan Mi4c matot yang pernah saya bahas sebelumnya. Hanya saja untuk Xiaomi Redmi Note 3 ini masih kedetek PC dengan terlihat Qualcomm HS-USB Diagnostics 900E di device manager (kalau Mi4c sama sekali gak kedetek PC). Untuk itu, saya mencoba menerapkan trik mengatasi Mi4c matot namun sayang sekali tidak berhasil.

Ketika Xiaomi terdeteksi Qualcomm HS-USB Diagnostics 900E di device manager, secara otomatis HP tersebut tidak bisa dinyalakan dan juga tidak bisa di flashing. Supaya  Xiaomi Redmi Note 3 Kenzo bisa dilakukan flashing berarti kita harus merubah Qualcomm HS-USB Diagnostics 900E menjadi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008. Caranya adalah sebagi berikut;

Melakukan Test Point

Untuk melakukan test poin, berarti kita harus membuka casing untuk mengeluarkan mesinnya. Setelah itu, hubungkan titik satu dengan titik yang lainnya dengan menggunakan pingset [lihat gambar di atas] kemudian koneksikan ke PC dengan kabel USB. Secara otomatis, 900E akan berubah menjadi 9008.

Namun metode seperti ini kurang praktis, selain kita mesti buka mesin yang tentunya beresiko bagi yang masih awam juga agak sedikit mempengaruhi harga purna jual jika segel telah dibuka. Untuk itu, ada cara yang praktis selain cara di atas, yakni dengan menggunakan kabel DFC atau kabel EDL.

Pakai Kabel DFC

Kabel DCF atau kabel EDL Xiaomi sudah banyak beredar dipasaran dengan harga kurang lebih 75 ribu. Namun, jika dalam keadaan darurat, Anda bisa membuat kabel DFC sendiri di rumah dengan peralatan sederhana.

Setelah kabel DFC jadi kita tinggal menggunakannya untuk keperluan flashing, terkait caranya bisa dibaca di sini.

Selain kabel DFC, kita tentunya juga butuh file dan tool berikut ini;

  1. PC dengan OS Windows 64 bit atau 32 bit dengan catatan menggunakan MiFlash terbaru (yang 32 bit kami belum pernah test)
  2. Firmware Xiaomi Redmi Note 3 Kenzo yang bisa di download dari http://bit.ly/2bvVgRb lalu ekstrak
  3. Driver Qualcomm download dari http://bit.ly/2kWZTFy, lalu install
  4. MiFlash download dari http://bit.ly/29qake4, lalu install

Untuk mempermudah dalam mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 Bricked, Lampu Led Berkedip (Blinking RED Light), berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Comments on this entry are closed.