Cara Cerdas Membeli Smartphone Baru

by Yaniar Asmara on May 21, 2018

Di saat kamu mengidam-idamkan sebuah smartphone baru, tidak ada hal lain yang bisa menghentikanmu. Tapi, janganlah kamu langsung membeli begitu saja ponsel yang telah berhasil memikat pandanganmu, agar kamu tidak menyesal nantinya. Guna membantumu dalam membuat sebuah keputusan besar, berikut adalah beberapa Cara Cerdas Membeli Smartphone Baru yang patut kamu simak :

tips beli hp baru

Jangan tergiur dengan iklan

Biasanya, di majalah, tabloid atau surat kabar yang sedang kamu baca, atau di iklan TV acara favoritmu, pasti akan banyak bertebaran iklan tentang smartphone terbaru. Mereka hadir dengan tampilan memukau dan pencahayaan yang bagus. Selain itu, para selebritis papan atas juga berseliweran mengiklankan perangkat tersebut. Ya, memang iklan bertujuan untuk memanipulasimu.

Namun, jangan terkecoh! Hanya dengan menampilkan sebuah perangkat dengan tampilan luar terbaiknya, belum tentu kamu akan mengetahui secara langsung kondisinya secara menyeluruh. Apakah ponsel tersebut akan meninggalkan bekas sidik jari, apakah kameranya benar-benar bisa menampilkan gambar yang bagus, apakah ponsel itu bisa digunakan untuk bermain game HD, atau baterainya akan tahan lama? Jadi intinya, iklan hanya bisa membuatmu ‘tahu’ akan hadirnya sebuah ponsel, tapi tidak bisa memberitahumu banyak mengenai detilnya.

Jangan terbuai dengan ucapan sales

Kebanyakan sales, meski tidak semuanya, hanya mempedulikan tentang target penjualan, komisi dan bonus mereka dengan mengutarakan hanya yang baik-baik dari suatu jenis ponsel, bukannya membantumu dalam memilih ponsel mana yang tepat sesuai kebutuhanmu. Jadi, penting untuk berhati-hati, terutama jika kamu tidak terlalu ahli dalam dunia teknologi. Agar lebih aman, ajaklah temanmu yang ‘melek’ teknologi yang bisa membantumu menanyakan pertanyaan yang tepat dan menjaga agar sales tidak mendorongmu untuk membeli produk ponsel yang konon katanya laris atau banyak disukai orang. Jangan sampai kamu terjebak dan membiarkan orang lain menekanmu.

Jangan terpaku pada satu toko

Sebisa mungkin, pergilah ke toko ponsel dan cobalah beberapa merek ponsel untuk membantumu memilih salah satu yang sesuai dengan kisaran harga, kebutuhan kinerja, dan desain yang kamu sukai. Tapi, jika sudah menemukan yang cocok, jangan langsung membelinya di sana! Minimal, kamu terlebih dahulu harus melakukan satu jam riset di internet dan mencari perbandingan harga di toko lainnya. Sebaiknya kamu harus memeriksanya baik melalui online shop maupun di toko ponsel untuk membandingkan harga dan penawaran yang didapat. Dengan melakukan ini, kamu dapat menghemat sebagian uang.

Jangan membeli yang termahal atau yang termurah

Memang, iPhone X harganya paling mahal, sehingga mungkin akan menjadi pilihan yang terbaik bukan? Belum tentu! Atau jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk sebuah pnsel, membeli ponsel yang termurah adalah ide yang bagus? Tidak juga. Kedua hal tersebut bukanlah pilihan yang bijak, karena kamu justru akan membuang buang uang.

Kamu bisa mengalami kerugian bahkan dengan membeli ponsel termurah. Kok bisa? Karena ponsel murahan bisa rusak dengan cepat daripada yang kamu kira dan harus segera diganti dengan yang baru. Ada pepatah bilang, ‘murah itu mahal’. Namun disisi lain, jelas sekali kamu akan menghamburkan banyak uang dengan memilih ponsel termahal. Karena, banyak ponsel yang harganya tidak terlalu mahal juga bisa memiliki keunggulan yang sama, meski tidak terlalu keren. Jadi, semakin mahal bukan berarti semakin baik. Yang terbaik adalah belilah ponsel yang sesuai berdasarkan kebutuhanmu.

Jangan hanya memilih merek tertentu

Kita semua sudah tahu, merek ponsel terkenal dunia pastilah : Apple, Samsung, Oppo, Huawei dan lain-lain. Memang sih, mereka semua telah memproduksi ponsel bagus dengan teknologi terbaru, namun kamu sebaiknya jangan terpaku hanya pada salah satu brand yang kamu cinta. Tetaplah berpikiran terbuka, dan bahkan pertimbangkanlah merek ponsel yang kurang begitu terkenal karena mereka bisa mengejutkanmu.

Ada banyak merek yang lebih kecil yang kurang sering kamu dengar, dan bahkan lebih banyak lagi merek China yang mungkin belum pernah kamu dengar, yang ternyata memiliki performa yang bagus. Dengan pabrikan ini, kamu bisa mendapatkan ponsel yang lebih terjangkau yang sesuai dengan semua kebutuhanmu, dan mungkin juga mengemas beberapa fitur unik. Jangan abaikan merek-merek alternatif ini dalam pencarianmu!

Utamakan yang menjadi prioritasmu

Inilah yang paling penting. Kamu boleh saja membeli ponsel termurah, termahal, tercanggih, atau yang terbaru, asalkan kamu membelinya jika itu sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu seorang pecinta fotografi, jangan membeli smartphone dengan kamera yang loyo. Jika kamu sering menghabiskan waktu seharian diluar dan tanpa  membawa charger, jangan gunakan ponsel dengan daya tahan baterai yang buruk. Jika kamu seorang gamer sejati, ponsel dengan layar kecil atau prosesor yang lemah hanya akan membuatmu kecewa. Saran terbaik yang bisa kami berikan kepada Anda adalah pikirkan apa yang paling penting bagi kebutuhanmu. Apa yang ingin kamu lakukan dengan smartphone ini? Hanya dengan mengidentifikasi prioritasmu, kamu akan mendapatkan apa yang benar-benar kamu inginkan dan butuhkan.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment