≡ Menu

Cara Hard Reset Lenovo A7000

Setelah membahas cara hard reset Lenovo A6000 & A6000 plus, pada kesempatan kali ini saya akan lanjutkan pembahasan tentang cara hard reset Lenovo A7000. Namun sebelumnya, mari kita tengok sejenak pangsa pasar Lenovo A7000, khususnya di Indonesia.

Cara Hard Reset Lenovo A7000 untuk atasi lupa pola, bootloop dll

Sekitar bulan Juni sampai Juli 2015, vendor asal tiongkok ini melakukan penjualan flash sale melalui Lazada dengan dibanderol sekitar 1.9 juta. Spesifikasi tinggi, seperti RAM 2GB prosesor OctaCore, kamere Selfie 5MP dan layar lega membuat penjualannya tergolong laris manis bak kacang goreng. Meski masih kalah laris dengan pendahulunya, yakni penjualan Lenovo A6000 yang tembus sampai 45 ribu unit. Namun, Lenovo A7000 ini tidak bisa dibilang minim peminatnya. Jadi pemilik Lenovo A7000, khususnya di Indonesia bisa dibilang cukup banyak.

Dengan banyaknya pemilik Lenovo A7000 di Indonesia, saya yakin salah satu dari mereka pasti bertanya atau mencari tahu bagaimana cara hard reset Lenovo A7000 ini. Seperti kita ketahui, dengan melakukan hard reset, smartphone akan kembali ke kondisi pabrik atau sama seperti pertama kali kita membelinya. Hal ini bertujuan untuk mengatasi beberapa kerusakan software ringan seperti loading smartphone yang terasa berat, error unfortunately, bootloop, lupa pola atau PIN dan lain sebagainya yang bisa diatasi tanpa flashing. Berikut langkah-langkah melakukan setingan pabrik untuk Lenovo A7000;

Hard Reset Lenovo A7000

  1. Pastikan Lenovo A7000 dalam keadaan OFF
  2. Baterai terisi minimal 30 persen, untuk mengantisipasi kegagalan saat proses hard reset gara-gara kehabisan baterai.
  3. Tekan dan tahan tombol power, volume up dan volume down secara bersamaan. Saat ada tanda getar dan muncul logo khas lenovo, lepaskan ketiga tombol tersebut.
  4. Setelah berhasil masuk ke Lenovo Recovery, silahkan pilih bahasa Inggris (kalau bisa bahasa Cina, juga boleh memilihnya)
  5. Setelah itu, pilih wipe user data dengan menggunakan tombol volume bawah dilanjutkan dengan tombol power untuk konfirmasi. Selain itu, kita juga bisa langsung ketuk pada wipe user data. Jadi, mode recovery Lenovo A7000 ini sudah mengadopsi touch.
  6. Pilih Fuse wipe dataYes – dan tunggu proses hard reset selesai dengan ditandai tulisan “system clean success
  7. Setelah itu, ketuk Back dilayar, lalu pilih tombol kembali yang ada dibagian kanan bawah. Kemudian ketuk reboot.
  8. Untuk booting pertama kali setelah di hard reset cukup lama, jadi tunggu saja sekitar 15 sampai 20 menit. Jadi bukan berarti Lenovo A7000 bootloop hanya stuck di logo.
  9. Dengan demikian, Lenovo A7000 kembali ke setingan pabrik, secara otomatis data-data di ponsel Lenovo A7000 akan hilang termasuk aplikasi yang di install via playstore atau file APK-nya.

Factory reset Lenovo A7000

  1. Nyalakan Lenovo A7000, kemudian pilih Setting
  2. Setelah itu pilih Backup & reset – Factory data reset – Reset phone – Erase everything

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Lenovo A7000, berikut ini kami sertakan panduan tutorial videonya.

Catatan: Sebelum melakukan factory reset, alangkah baiknya data penting seperti kontak, foto, dan lain sebagainya yang ada di memori telp dibackup dulu. Beda dengan metode hard reset yang biasanya dilakukan ketika HH dalam keadaan terkunci dengan pola atau bootloop sehingga tidak mungkin untuk membackup sebelumnya.